Minat Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Unesa Terhadap Pekerjaan Profesi Guru Vokasi

Indonesia

Authors

  • Mochamad Ariska Universitas Negeri Surabaya
  • Soeryanto Soeryanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Minat, Faktor Internal, Faktor Eksternal

Abstract

Minat merupakan salah satu faktor psikologis manusia yang sangat penting untuk kemajuan manusia dan keberhasilan pada diri seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat, faktor internal, dan faktor eksternal dalam memilih pekerjaan profesi guru vokasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 246 mahasiswa dan peneliti mengambil sampel sebanyak 50 persen dari populasi atau 123 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan tabel frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian tingkat minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNESA pada variabel minat menjadi guru vokasi berada dikategori sedang sebanyak 62 mahasiswa (50%), pada variabel faktor internal berada dikategori tinggi sebanyak 83 mahasiswa (67%), dan pada variabel faktor internal berada dikategori sedang sebanyak 79 mahasiswa (64%). dari pengaruhnya di dapatkan bahwa faktor internal terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru vokasi Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNESA  bahwa t hitung > t tabel (12,47 > 1,65754). Dan pada faktor eksternal terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru vokasi Mahasiswa S1 PRODI Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNESA t hitung (10,158) > t tabel (1,658). Selanjutnya Terdapat pengaruh positif dan signifikan faktor internal dan faktor eksternal secara bersama-sama terhadap minat menjadi guru vokasi dengan sumbangan relatif faktor internal sebesar 73,19% dan sumbangan efektif sebesar 42,37%. Sumbangan relatif faktor eksternal sebesar 26,81% dan sumbangan efektif sebesar 15,53%.

Kata kunci: Minat, Faktor Internal, Faktor Eksternal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Salman, 2012. Pengaruh Pengalaman PPL dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2008. Skripsi. UNY

Arif Firdaus dan Barnawi. 2012, Profil Guru SMK profesional, Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Agustian, Riska. 2015, Hubungan Minat Mahasiswa Menjadi Guru dengan prestasi belajar mahasiswa prodi S1 PTM. Skripsi. Unesa

Danang sunyoto dan burhanuddin, 2011. Menjadi Guru Profesional merupakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Djaali. 2015, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Dalyono, 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Ery Setyani Putri, 2012. Pengaruh Lingkungan Keluarga, sosial, Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa Tentang Undang-Undang Guru dan Dosen Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. UNY

Harlan, Johan. 2004, Metoda Statistic 1, Depok: Penerbit Gunadarma

Iskarim, Muchamad. 2013, Menjadi guru Antara realitas dan idealis, Forum Tarbiyah

Indryawati, Rini. 2014, Kesejahteraan Psikologis Guru Yang dapat sertifikasi. Skripsi. Universitas Gunadarma

Maslow, Abraham. 1943, Teori Motivasi Abraham Maslow

Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Samana. 1994, Profesionalisme Keguruan, Universitas Sanata Darma: Penerbit Kanisius

Setiawan, Adi. 2017. Analisis Data Statistic, Salatiga Jawa Tengah: Tisara Grafika Salatiga

Shaleh, Rahman Abdul, 2004. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Prenada Media

Sucahya, Deni Adi. 2017, Studi Minat Berkarir Mahasiswa Program S1 Pendidikan Teknik Mesin Unesa. Skripsi. Unesa

Sugiyono. 2013, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta cv

Suharsimi Arikunto, 1993. Manajemen pengajaran secara manusiawi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Tim Penyusun, Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Teknik. Surabaya: Unesa University Press.

Wasty Soemanto, 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Yasin, Sanjaya. 2018, Pengertian Minat Menurut Para Ahli.

Downloads

Published

2021-01-04
Abstract views: 338 , PDF Downloads: 292