PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TEKNIK DALAM PENGAJARAN REMIDIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA

  • Retno Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Aini Susanti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model pembelajaran kooperatif, metode tutor sebaya, keaktifam dan hasil belajar

Abstract

Abstrak

Pada era globalisasi ini dunia pendidikan mengalami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang semakin cepat, yang dapat memberikan perubahan besar terhadap peradaban. Namun pendekatan pendidikan yang diterapkan di Indonesia saat ini sebagian besar masih menerapkan metode pembelajaran klasikal dan berpusat pada guru. Pola ini mengimplikasi sejumlah siswa dengan hasil belajar yang tidak tutas. Artikel ini bertujuan (1) mengkaji keaktifan metode tutor sebaya dalam membantu peningkatan hasil belajar peserta didik yang tidak tuntas

(2) mengkajii kelebihan dari model pembelajaran kooperatif menggunakan metode peer teaching. Berdasarkan beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa metode peer teaching mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh (Aziz, 2015; Fajriyanto et al., 2019; Franciskus, 2016; Kastrena et al., 2020; Lutvaidah et al., 2019; Ramadhan et al., 2019). Pembelajaran peer teaching membantu peran guru atau tenaga pengajar, namun sebagai tutor harus memiliki keahlian untuk menjelaskan dengan baik kepada teman sebayanya (Xu et al., 2001). Pembelajaraan peer teaching dapat diterapkan dengan hasil yang efektif dibandingkan metode pembelajaraan konvensional menurut (Leksonowati, 2019; Lutvaidah, 2016). Namun, dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain, peer teaching belum tentu memberikan hasil yang lebih baik apabila diterapkan pada beberapa mata pelajaran (Mutholib et al., 2016). Pada beberapa penelitian yang relevan juga terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari metode peer teaching (Ayşe, 2014; Bullough et al., 2003; Xu et al., 2001). Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, metode tutor sebaya, keaktifan dan hasil belajar

 

 

Abstract

In this era of globalization, the world of education is experiencing an increasingly growing up development of science and information technology, which can provide major changes to civilization. However, the educational approach applied in Indonesia today still mostly applies classical and teacher-centered learning methods. This pattern implies a number of students with non-complete learning outcomes. This article aims (1) to examine the activeness of the peer tutoring method in helping to improve student learning outcomes incomplete (2) to examine the advantages of the cooperative learning model using the peer teaching method. Based on several research results, it shows that the peer teaching method can improve student activity and learning outcomes based on research conducted by (Aziz, 2015; Fajriyanto et al., 2019; Franciskus, 2016; Kastrena et al., 2020; Lutvaidah et al., 2019; Ramadhan et al., 2019). Peer teaching learning helps the role of the teacher or teaching staff, but as a tutor must have the skills to explain well to peers (Xu et al., 2001). Peer teaching learning can be applied with effective results compared to conventional learning methods according to (Leksonowati, 2019; Lutvaidah, 2016). However, compared to other learning methods, peer teaching does not necessarily provide better results  when applied to several subjects (Mutholib et al., 2016). In several relevant studies there are also several advantages and disadvantages of the peer teaching method (Ayşe, 2014; Bullough et al., 2003; Xu et al., 2001).

Keywords: cooperative learning, peer teaching method, activeness and learning outcomes

References

Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ainiyah, L. (2019). Keefektifan Pembelajaran Simulasi Digital Dengan Teacher Centered Learning Dibanding Student Centered Learning Melalui Media Facebook Di Smk Muhammadiyah 04 Sragen.
Amin, Mochamad. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkr A Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Di Smk Muhammadiyah 1 Salam. In Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Ardianto, D. (2018). Peningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Instalasi Sistem Operasi Dengan Metode Peer Teaching Pada Siswa X TKJ SMK N 4 Klaten. In Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 2).
Ariyana, Yoki, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dan Kebudayaan. Ayşe, D. M. (2014). The effects of peer teaching on the university students achievements in cognitive, affective, psychomotor domains and game performances in volleyball courses. Educational Research and Reviews, 9(9), 262–271.
https://doi.org/10.5897/err2013.1690
Aziz, M. A. (2015). Hubungan Antara Kelompok Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar Siswa SMKN. Journal of Mechanical Engineering

CV Budi Utama
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah & Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Ciptaa
Fajriyanto, M. N., Dantes, K. R., & Nugraha, I. N. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teori Pengelasan Shield Metal Arc Welding (Smaw) Di Kelas Xi TP LAS SMK Negeri 3Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 7(1), 22. https://doi.org/10.23887/jjtm.v7i1.18752
Franciskus, X. (2016). Penerepan Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemeliharaan Mesin Otomotif Kelas X TKR di SMK Siang Surabaya. JPTM. Volume 05 Nomor 01 Tahun 2016, 57-63, 05(01), 57–63.
Kastrena, E., Setiawan, E., Patah, I. A., & Nur, L. (2020). Pembelajaran Peer Teaching Berbasis Zoom Video sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli saat Situasi COVID-19. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 69–75. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1
Leksonowati, N. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Motivasi Belajar dan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1).
Lesmana, G. T., Wiharna, O., & Sulaeman, S. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smk Pada Kompetensi Dasar Menggunakan Alat Ukur. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 167.
https://doi.org/10.17509/jmee.v3
Published
2021-02-08