PENERAPAN SOFTWARE VETRIC ASPIRE CNC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC DENGAN PEMBUATAN GRAFIR DI SMK TARUNA JAYA PRAWIRA TUBAN

  • Adam Akbar Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Aini Susanti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Software Vetric Aspire, model pembelajaran langsung, hasil belajar siswa

Abstract

Abstrak

Diera revolusi industri 4.0 pengembangan kompetensi teknologi sangat diperlukan, untuk mencapai kompetensi tersebut perlu adanya pembahararuan model, metode dan media. Namun permasalahan terbesar yang terjadi saat ini terletak pada Model, Metode dan Media Pembelajaran yang digunakan masih belum maksimal, sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Peneliti mencoba menerapkan Media Simulator Software Vetric Aspire untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung. Penelitian ini menggunakan metode deskritif kuantitatif yang dimaksudkan untuk mendapat gambaran dan keterangan-keterangan mengenai implementasi media pembelajaran terhadap keefektifan Model Pembelajaran Langsung dan Hasil Belajar siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes.  Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa penerapan media simulator Software Vetric Aspire dengan menggunakan model pembelajaran langsung telah dikatakan terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian observasi yaitu 3,7 atau 93,20% dan Penerapan Software Vetric Aspire CNC dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran CNC. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata hasil belajar siswa pada sesi pretest sebesar 63,37 dan pada sesi posttest diperoleh nilai rata-rata 86,17, dengan nilai n-Gain 0,61 dengan kategori “Cukup Efektif”.

Kata Kunci: Software Vetric Aspire, model pembelajaran langsung, hasil belajar siswa

 

References

Ahmad D. Marimba, 2007, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta; Bumi Aksara.
Amirullah, Muhammad. (2017). “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODUL TEKNIK LAS SMAW BERBANTUAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK JURUSAN TEKNIK PEMESINAN KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA”.
Amirul Lutfi, Muhammad. (2015).” PENERAPAN MEDIA CNC SIMULATOR PADA POKOK BAHASAN ABSOLUTE CNC PROGRAM TU 2A DALAM MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TPM-1 SMK DHARMA BAHARI SURABAYA”. Junal Pendidikan Teknik Mesin Vol.3, No.2:38-48.
Arsyad, Azhar. 2014. Media pembelajaran. Jakarta: Raja GraDelisle, R.1997. How to Use Problem-Based Learning in The Classroom. Dalam Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. (hal.159). Bandung : Refika Aditama. findo Persada.
Depdiknas . (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional
Nuraini, Fidiyah (2018), “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KELAS X MIPA 1 DAN KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 1 TURI”.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Published
2021-02-13
Section
Pendidikan Teknik Mesin