PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PLC OMRON CP1E UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH INSTRUMEN DAN KENDALI DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNESA

  • Emilda Dini Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Modul Praktikum, Model Pengembangan ADDIE, PLC Omron CP1E.

Abstract

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi di industri semakin tinggi dan beragam. Salah satu teknologi kontrol yang digunakan di industri adalah Programmable Logic Controller (PLC). Media pembelajaran tentang PLC dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mempelajari teknologi kontrol. Namun, untuk pembelajaran praktikum sistem kontrol menggunakan PLC Omron CP1E belum memiliki modul praktikum yang disertai dengan langkah kerja. Sehingga, mahasiswa kesulitan dalam melakukan praktik simulasi dengan trainer PLC Omron CP1E. Tujuan penelitian ini guna menghasilkan modul praktikum PLC Omron CP1E yang layak, mengetahui respon dosen dan mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan, serta hambatan dan solusi dalam proses pembelajaran menggunakan modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kelayakan modul dan respon pengguna modul adalah angket. Hasil dari penelitian ini adalah kelayakan modul dari ahli materi sebesar 3,75 termasuk kategori sangat layak, dari ahli bahasa sebesar 3,25 termasuk dalam kategori layak, dan dari ahli desain sebesar 3,45 termasuk dalam kategori sangat layak. Apabila dirata-rata mendapatkan nilai sebesar 3,48 termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil rata-rata respon mahasiswa  terhadap penggunaan modul praktikum PLC Omron CP1E didapatkan nilai sebesar 3,72 termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian, hasil rata-rata respon dosen terhadap penggunaan modul praktikum PLC Omron CP1E didapatkan nilai sebesar 3,36 termasuk dalam kategori sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul praktikum PLC OMRON CP1E dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk menunjang mata kuliah Instrumen dan Kendali.

Kata Kunci: Modul Praktikum, Model Pengembangan ADDIE, PLC Omron CP1E.

References

1. Ditjen PMPTK. 2008. Penulisan Modul. Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta: Ditjen PMPTK.
2. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
3. Umaroh, Susi Tri & Warju. 2019. “Pengembangan Modul Smoke Opacity Meter Tecnomotor Tipe G-820 Untuk Menunjang Mata Kuliah Analisa Performa Mesin Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA”. JPTM, Vol. 08 (02): hal. 111-122.
4. Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
5. Widyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Published
2021-02-23
Section
Pendidikan Teknik Mesin