EVALUASI PEMBELAJARAN PROGRAM LINK AND MATCH DENGAN DUNIA USAHA/INDUSTRI PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Nada Komala Universitas Negeri Surabaya
  • A. Grummy Wailanduw
Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Link and Match, Faktor Keberhasilan

Abstract

Pada era revolusi 4.0 pendidikan sangat berperan penting dalam mencapai tujuan pembangunan, maka perlu adanya peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia sesuai Inpres No. 9 Tahun 2016 terkait Revitalisasi SMK, salah satu programnya adalah program link and match dengan dunia usaha/industri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil pembelajaran link and match dengan meninjau seberapa ketercapaian siswa dalam aspek kognitif, psikomotorik dan afektif mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian dari kesesuaian pelaksanaan pembelajaran program link and match dengan dunia usaha/industri meninjau seberapa ketercapaian siswa dalam aspek kognitif, psikomotorik dan afektif mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan memperoleh hasil dari ketuntasan klasikal aspek kognitif 81%, aspek psikomotorik 88% dan mean dari aspek afektif memperoleh 86%. Adapun faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran program link and match adalah faktor pendukungnya antara lain kesesuaian materi dan kurikulum, kesesuaian pelaksanaan kunjungan industri, kompetensi yang dimiliki guru, kesesuaian standarisasi kelas, kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan guru, penerapan pembelajaran, kompetensi pengetahuan peserta didik terkait dengan mesin dan kompetensi sikap peserta didik, faktor penghambatnya antara lain pengunaan media pembelajaran yang belum optimal, keterbatasan alat, bahan dan objek praktik, peserta didik belum memahami sepenuhnya terkait kompetensi pengetahuan dan ketrampilan, guru belum mengusai sepenuhnya terkait kompetensi pengetahuan dan keterampilan dan peserta didik belum sepenuhnya memahami materi praktikum tentang engine.

References

1. Abdullah, Ahmad Hafid dan Wailanduw, A. Grummy. 2020. “Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Integrated Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 9 (2): hal. 93-101.
2. Arikunto, S. dan Jabar, C.S.A. 2007. Evaluasi Program Pendidikan, Cetakan ke-2, Jakarta : Bumi Aksara.
3. Arsana, I M., I W Susila., R S Hidayatullah and S R Ariyanto. 2018. “Implementation of Troubleshooting Teaching Method to Develop Student’s Competency in Conducting Motorcycle Tune-up”. Journal of Physics. Vol. 285: hal 154-157.
4. BPS. 2019. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), (Online),(https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/11/05/1565/agustus-2019--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-28-persen.html, diakses 28 Februari 2020).
5. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
6. Direktorat Pembinaan SMK. 2015. Rencana Strategis Direktorat Pembinaan SMK 2015-2019. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
7. Hadam, Sampun., Nastiti Rahayu, dan Ayu Nur Ariyadi. 2017. Startegi Implementasi Revitalisasi SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Kejuruan.
8. Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
9. KOMPAS.2019.(Online).(https://money.kompas.com/read/2019/11/05/155358926/bps-pengangguran-meningkat-lulusan-smk-mendominasi, diakses 4 April 2020).
10. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Published
2021-04-03
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 497
PDF Downloads: 219