EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK

  • Eko Setiyo Budi Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kooperatif, Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Komunikasi, Diskusi

Abstract

Abstrak

Peserta didik yang tidak aktif dapat disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang berlangsung secara satu arah saja. Pembelajaran satu arah ini ditunjukkan dengan adanya penjelasan yang dilakukan pengajar kepada para peserta didik tanpa respons aktif dari mereka mengenai materi pelajaran tersebut. Maka dari itu, peserta didik harus dimotivasi agar lebih aktif dalam belajar dengan cara memberikan metode pembelajaran alternatif. Metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) menjadi pilihan terbaik oleh para pengajar saat ini. Metode ini juga dapat dibantu dengan media tertentu seperti media manipulatif dan media interaktif. Penelitian ini memiliki poin penting dalam pembelajaran peserta didik, yaitu memahami efektivitas metode pembelajaran TAI terhadap kemampuan komunikasi serta keaktifan peserta didik tersebut. Metode pengkajian studi literatur dalam penelitian ini digunakan demi mendapatkan konklusi baru dari hasil penelitian. Selanjutnya, hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa metode pembelajaran TAI mampu meningkatkan prestasi peserta didik berdasarkan respons mereka selama aktivitas belajar mengajar, minat mereka dalam mengikuti kelas, ketuntasan klasikal, serta keaktifan mereka dalam bertanya jawab dan menyampaikan pendapat. Oleh karena itu, pembelajaran TAI pun diakui efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik dengan adanya tanya jawab dan presentasi antarkelompok yang mempraktikkan interaksi aktif sehingga setiap peserta didik merasa berperan penting selama sesi tersebut.

Kata kunci:Kooperatif, Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Komunikasi, Diskusi.

References

Adhim, M. K., & Arsana, I. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Kompetensi pada Materi Workshop Equipment. JPTM, 5(2), 78–83.
2. Amarendra, G. V., & Haryudo, S. I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Menggunakan Strategi Elaborasi pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 04(03), 1075–1081.
3. Arsana, I M, Susila, I. W., Hidayatullah, R. S., & Ariyanto, S. R. (2019). Implementation of Troubleshooting Teaching Method to Develop Student’s Competency in Conducting Motorcycle Tune-up. Journal of Physics: Conference Series, 1387, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012096
4. Arsana, I Made, Ariyanto, S. R., & Wibisono, H. G. (2019). Implementation of Problem-Based Learning Models Supported By Trainer Radiator Module for Heat Transfer Learning. Jurnal Taman Vokasi, 7(2), 226–231.
5. Cahyono, P. B., & Dewanto. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Menggunakan Autodesk Inventor Professional 2014 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK PGRI 1 Sidoarjo. JPTM, 09(01), 53–61.
6. Marfuah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148–160.
7. National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM. www.nctm.org
8. Nurhidayani, N., & Simatupang, W. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 1 Padang. AEEJ: Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.24036/aeej.v1i1.2
9. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, & Sistem Pendidikan Indonesia (2003).
10. Purnomo, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Menggunakan Video Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Perawatan dan Perbaikan Mesin 1 Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK YPT Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 3(2), 44–48.
11. Putri, N. P. R., & Sriwahyuni, T. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X RPL di SMK Negeri 4 Payakumbuh. VOTEKNIKA (Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika), 6(1), 90–94.
12. Putri, D. A., Suwatno, Sobandi, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Team Games Tournaments dan Team Assisted Individualization. Manajerial, 3(4), 1-16. http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/
13. Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’s Efforts in Building Student Interaction Using A Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146–163. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332
14. Rudi, L. (2017). Application of Teaching Model of Team Assisted Individualization (TAI) in Basic Chemistry Courses in Students of Forestry and Science of Environmental Universtias Halu Oleo. International Journal of Education and Research, 5(11), 69-76.
15. Soeryanto, Arsana, I. M., Hidayatullah, R. S., & Ariyanto, S. R. (2020). Analysis of HOTS Type Multiple-choice Test Items on Learning Automotive Electrical Systems in SMK Dharma Bahari Surabaya. Journal of Physics: Conference Series, 1569, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/3/032046
16. Soeryanto, Arsana, I. M., Warju, & Ariyanto, S. R. (2020). Implementation of Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Higher Education: Proceedings of the 3rd International Conference on Social Sciences (ICSS 2020), 473, 632–636. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201014.139
17. Syam, A. P., Akib, I., Syamsuddin, A. (2019). The Application of Cooperative Learning Model of Team Assisted Individualization (TAI) Based Manipulative Media on Topics “Shape” of Class VI Elementary School of Tombolok Gowa. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(3), 317-327.
18. Tauran, S. F., (2018). The Enhancement of High School Students` Mathematical Reasoning Through Team-Assisted Individualization. Journal of Physics: Conference Series, 1-7. DOI:10.1088/1742-6596/1132/1/012031
19. Vitor, M. A., & Muliatna, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada Mata Pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Sidoarjo. JPTM, 6(2), 1–8.
20. Wardani, W. K., Astuti, P., & Harsasto, P. (2015). Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun di Provinsi DKI Jakarta (Studi Kota Administrasi Jakarta Timur). Journal of Politic and Government Studies, 4(2), 371–388.
21. Yarmasi, Fonna, M., & Mursalin. (2020). The Influence of Cooperative Learning Model Type Team Assisted Individualized of Interactive Media Assistance to Students` Mathematical Communication Ability. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(9), 813-820. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i9.3303
22. Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Published
2021-06-21
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 295
PDF Downloads: 280