EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK
Keywords:
Kooperatif, Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Komunikasi, DiskusiAbstract
AbstrakPeserta didik yang tidak aktif dapat disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang berlangsung secara satu arah saja. Pembelajaran satu arah ini ditunjukkan dengan adanya penjelasan yang dilakukan pengajar kepada para peserta didik tanpa respons aktif dari mereka mengenai materi pelajaran tersebut. Maka dari itu, peserta didik harus dimotivasi agar lebih aktif dalam belajar dengan cara memberikan metode pembelajaran alternatif. Metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) menjadi pilihan terbaik oleh para pengajar saat ini. Metode ini juga dapat dibantu dengan media tertentu seperti media manipulatif dan media interaktif. Penelitian ini memiliki poin penting dalam pembelajaran peserta didik, yaitu memahami efektivitas metode pembelajaran TAI terhadap kemampuan komunikasi serta keaktifan peserta didik tersebut. Metode pengkajian studi literatur dalam penelitian ini digunakan demi mendapatkan konklusi baru dari hasil penelitian. Selanjutnya, hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa metode pembelajaran TAI mampu meningkatkan prestasi peserta didik berdasarkan respons mereka selama aktivitas belajar mengajar, minat mereka dalam mengikuti kelas, ketuntasan klasikal, serta keaktifan mereka dalam bertanya jawab dan menyampaikan pendapat. Oleh karena itu, pembelajaran TAI pun diakui efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik dengan adanya tanya jawab dan presentasi antarkelompok yang mempraktikkan interaksi aktif sehingga setiap peserta didik merasa berperan penting selama sesi tersebut.
Kata kunci:Kooperatif, Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Komunikasi, Diskusi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 376
,
PDF Downloads: 391