PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH SISTEM AC MOBIL DI JURUSAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Andriyanti Achsan Universitas Negeri Surabaya
  • A. Grummy Wailanduw Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Teknologi pendidikan merupakan teknologi pembelajaran yang dapat membantu suatu permasalahan dalampembelajaran salah satu perkembangan teknologi yang berkembang saat ini adalah pembelajaran yang menggunakan media berbasis web. Perancangan ini menggunakan metode penelitian 4 D yaitu Define, Design, Development dan Dissemination yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974:5) (dalam Trianto,2014). Peneliti ini menggunakan model 4D karena model pengembangan ini selain mudah untuk diaplikasikan terdapat juga tahapan-tahapan yang sistematis sehingga menurut peneliti model pengembanagn ini sangat cocok digunakan. Peneliti melakukan validasi instrumen untuk mendapatkan instrumen yang valid dan layak digunakan. Hasil validasi instrumen materi adalah 85% termasuk dalam kriteria “sangat valid”; hasil validasi instrumen media adalah 85% termasuk dalam kriteria “sangat valid” dan hasil validasi instrumen peserta didik adalah 82% termasuk dalam kriteria “sangat valid”. Selanjutnya, peneliti memvalidasi materi dan media penelitian. Hasil validasi materi adalah 84% termasuk dalam kriteria “sangat layak” dan hasil validasi media adalah 82% termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Selanjutnya, melakukan uji coba peserta didik dengan responden 35 mahasiswa dan hasil yang didapatkan adalah 82% termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Terakhir adalah pengambilan data/respon peserta didik dengan responden 19 mahasiswa dan hasil yang didapatkan adalah 85% termasuk dalam kriteria “sangat baik”.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Web, Kelistrikan AC Mobil, 4 D.

 

References

1. Arsana, I Made dan Apriliasari, Agysta Yoso. 2016. Pengembangan Modul Oil CoolerTrainer Untuk Menunjang Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa D3 Teknik Mesin Unesa. JPTM. Vol 05 No 01: hal. 74-75
2. Azhar, Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
3. Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
4. Januarisman, Erwin dan Ghufron, Anik. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol 03 No 02: hal. 170-171.

5. Priatmoko, Sigit. 2018. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam DI Era 4.0. Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol 01 No 02: hal. 222
6. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
7. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Research and Development. Bandung: Alfabeta.
8. Suhendri, Agus. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Adobe Flash Berbasis Android Pada Kompetensi Dasar Memahami Rangkaian Kelistrikan Sederhana Dikelas X TKR SMK N 1 Singgahan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol 08 No 03.
9. Thiagarajan, S. Semmel, Dorothy S and Semmel, M. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Source Book. Bloominton: Center for Innovation on Theaching the Handicapped.

10. Trianto, 2014. Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Published
2021-07-12
Section
Pendidikan Teknik Mesin