PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN MESIN CNC TU 2A SISWA KELAS XI TPM 3 DI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU

  • Togik Hidayat S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
  • Aisyah Endah Palupi S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Learning media based Macromedia Flash 8, direct instruction, Computer Numerically Controlled (CNC) TU 2A.

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan dalam prosesnya diperlukan adanya berbagai media pembelajaran yang mampu
menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran yang lebih baik sehingga menciptakan rasa senang dan rasa
ingin tahu pada siswa untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Tujuan dari penerapan media
pembelajaran ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa, setelah mengalami proses
pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research (CAR)). Penelitian ini akan dilakukan di
kelas XI TPM 3 SMK Negeri 3 Boyolangu pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas XI TPM 3 Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Boyolangu, dengan
jumlah siswa didik 34 orang. Objek dari penelitian ini adalah proses belajar dengan menerapkan media
pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8. Hasil dari penelitian ini menunjukan, bahwa penerapan
media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Computer Numerically Controlled
(CNC) TU 2A mampu meningkatkan respon belajar siswa, dengan persentase 86,72% dari 34 siswa, yang
dapat dikatagorikan dalam kategori “Sangat Kuat”. Hasil belajarnya juga ikut meningkat dari nilai ratarata
pre-test 78,03 meningkat menjadi 84,12 dan dinyatakan “Tuntas” dengan ketuntasan belajar kelas
mencapai 91,42%.
Kata Kunci : media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8, pembelajaran langsung,
Computer Numerically Controlled (CNC) TU 2A.
ABSTRACT
Education in the process is needed a learning media variety to create a situation and a better
learning condition so creating a sense of fun and curiosity in students to achieve a learning goal.
The purpose of this learning media application is to know learning outcomes and student
response, after a process of learning by using learning media based macromedia flash 8. This
type of research is a classroom action research (Classroom Action Research (CAR)). This study
will be done in class XI TPM 3 SMK Negeri 3 Boyolangu at the second semester of academic
year 2012/2013. Subject of this study is students of class XI TPM 3 Department of Mechanical
Machining SMK Negeri 3 Boyolangu, the number of student learners are 34 people. The object
of this research is the process of learning by implementing media-based learning Macromedia
Flash 8. The results of this study show that the application of instructional media based on
Macromedia Flash 8 subject Computer Numerically Controlled (CNC) 2A TU are able to
improve the response of student learning, with a percentage of 86.72% of the 34 students, which
can be categorized in the category of "Very Strong". The results Study also increase from an
average value of pre-test 78.03 to 84.12 and stated "Completed" with a passing grade class
reaches 91.42%.
Keywords: Learning media based Macromedia Flash 8, direct instruction, Computer
Numerically Controlled (CNC) TU 2A.
Published
2013-08-28
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 165