PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEMELIHARA SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU

  • Yudi Siswanto S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
  • Aisyah Endah Palupi S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, cooperative learning model type TAI (Team Assisted Individualization), student learning outcomes.

Abstract

ABSTRAK
Permasalahan yang sering dihadapi guru adalah bagaimana cara agar siswa dapat meningkatkan
minat dan hasil belajarnya khususnya pada mata pelajaran memelihara servis sistem bahan bakar bensin.
Peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted
Individualization) dengan harapan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini akan dilakukan Di kelas X TKR 2 SMK Negeri 3
Boyolangu. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR 2 dengan jumlah 34 siswa.
Objek dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted
Individualization)Hasil menunjukan perbedaan aktifitas siswa pada putaran ke 2, yaitu siswa cenderung
lebih aktif berdiskusi dan memberikan masukan terhadap materi yang sedang dipelajari. Hasil post tes
menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa meningkat dibandingkan hasil belajar pada semester
sebelumnya yaitu sebesar 93% siswa tuntas belajar sedangkan 7% tidak tuntas belajar. Minat belajar
siswa cenderung meningkat dengan digunakannya model pembelajarn ini dilihat dari hasil angket yang
diberikan.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization), hasil belajar
siswa.
ABSTRACT
The Problems that often faced by teachers are how way the students to increase interest and
learning outcomes especially in subjects maintaining gasoline fuel system service. Researcher try to use
cooperative learning TAI model (Team Assisted Individualization) in hopes can increase of interest and
student learning outcomes.This research is a classroom action research (CAR). This study will be done in
class X TKR 2 SMK Negeri 2 Boyolangu. Subjects of this study were all students of class XI TKR 2 by
the number of 34 students. The object of this research is cooperative learning TAI model (Team Assisted
Individualization)The Results show the differences of student activities on lap 2, the students tend to be
more discussion active and give feedback on the material being studied. The results of Post test show that
the level of mastery learning students improve compared to the previous semester is equal to 93%
completed learned while 7% is not completely learned. Student interest is likely to increase with the use
of these learning model seen from the results questionnaires.
Keywords: cooperative learning model type TAI (Team Assisted Individualization), student learning
outcomes.
Published
2013-08-28
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 106