EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA KOMPETENSI LAS ASETILIN DI KELAS X TPM SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • M. KHOIRUL ANWAR S1 Pendidikan Teknik Mesin Produksi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • YUNUS Yunus Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, model of learning, the 5E learning cycle, the response, the activity, the results of student learning.

Abstract

ABSTRAK
Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dari tiga komponen utama yakni siswa, kompetensi guru,
dan fasilitas pembelajaran. Guru harus menggunakan model pembelajaran yang membuat siswa aktif membangun
sendiri pengetahuannya dan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student- centered). Peneliti mencoba
menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu Learning Cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui respon, aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kualitatif yang
didukung dengan data kuantitatif dengan mengacu model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) classroom action
research, obyek penelitian adalah respon, aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan
instrumen respon dan hasil belajar siswa melalui observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang didukung data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
76% siswa menyatakan senang dengan model pembelajaran learning cycle. Siswa lebih aktif dalam pembelajaran
dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yakni sebanyak 29 siswa dengan persentase 85% dinyatakan tuntas.
Kata kunci: model pembelajaran, learning cycle 5E, respon, aktivitas, hasil belajar siswa.
ABSTRACT
Improving the quality of education can be done from three main components namely students, teacher
competency, and learning facilities. Teachers should use the model of learning that make students actively build
their own knowledge and learning model based on student (student-centered). Researchers try to apply the learning
model based on student's Learning Cycle 5E. This research aims to know the response activity, and increased
student learning outcomes. This type of research is supported by the qualitative diskriptif quantitative data with
reference to class action Research model (PTK) classroom action research, the object of the research was a response,
activity and an increase in student learning outcomes. Using the instrument response and results of student learning
through observation, documentation, test and question form. Data analysis technique used is descriptive qualitative
analysis supported by quantitative data. The results showed that 76% of students stated happy with learning learning
cycle model. Students more active in learning and there is an increase in student learning outcomes i.e. as many as
29 students with a percentage of 85% expressed satisfaction.
Keywords: model of learning, the 5E learning cycle, the response, the activity, the results of student learning.
Published
2013-08-28
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 36