PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X DI SMKN 2 SURABAYA

  • Rizal Maulana Universitas Negeri Surabaya
  • Diah Wulandari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: edia Pembelajaran Interaktif, Construct 2, Pekerjaan Dasar Teknik Mesin

Abstract

Abstrak

Peserta didik kelas X TPM di SMKN 2 Surabaya yang menempuh mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin masih banyak yang belum menguasai materi pembelajaran khususnya pada penggunaan alat ukur mekanik presisi. Maka dari itu peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis construct 2 merupakan media yang berupa kombinasi dari teks, animasi, audio, yang dapat dioperasikan secara individual oleh peserta didik. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan 4-D yang merupakan metode paling efisien dalam pembuatan media, di mana terdiri dari: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Peneliti hanya menggunakan tiga tahapan yaitu: Define, Design, dan Develop dikarenakan terbatasnya waktu dan biaya. Instrumen pada penelitian ini yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar validasi kelayakan media dan lembar angket respon. Hasil penelitian ini mendapatkan persentase rata – rata  kelayakan media sebesar 89%, dimana nilai tersebut termasuk dalam kriteria sangat layak dan mendapatkan respon peserta didik sebesar 85% dimana termasuk dalam kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Construct 2, Pekerjaan Dasar Teknik Mesin

References

1. Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
2. Lasminto, Wahyu; Arsana, I Made. 2013. Pengembangan Media Trainer Sistem Pengapian CDI Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Mata Diklat Melakukan Perbaikan Sistem Pengapian Siswa Kelas XII TSM di SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 02, No 01.
3. Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
4. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Research and Development. Bandung: Alfabeta.
5. Suhendri, Agus; Arsana, I Made. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Adobe Flash Berbasis Android Pada Kompetensi Dasar Memahami Rangkaian Kelistrikan Sederhana Dikelas X TKR SMK N 1 Singgahan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol 08, No 03.
6. Sulistyono, Tri Agung; Arsana, I Made. 2014. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Menjelaskan Proses-Proses Mesin Konversi Energi Di Kelas X TKR SMKN 3 Boyolanggu Tulungagung. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol.02 No 03.
7. Thiagarajan, S. Semmel, DS. Semmel, M. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Source Book. Bloominton : Center for Innovation on Theaching the Handicapped.
8. UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Published
2021-07-27
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 114