PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR AKSI DAN REAKSI GAYA SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Ahmad Khoiruddin Universitas Negeri Surabaya
  • Djoko Suwito

Abstract

Abstrak

Dari hasil pengalaman mengajar dan hasil observasi di SMK Negeri 7 Surabaya proses pendidikanĀ  masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga aktivitas siswa terhadap proses pembelajaran rendah, hal tersebut berpengaruh terhadap menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan kasus tersebut dikembangkan suatu model dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yang bertujuan mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Aksi dan Reaksi Gaya Kelas X SMK Negeri 7 Surabaya yang mana hasil dari beberapa penelitian dapat meningkatkan kompetensi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang Menggunakan dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X TPmĀ  SMK Negeri 7 Surabaya tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 siswa, metode pengambilan data menggunakan metode angket, observsi, dan test.

Dari analisi data hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,65% meningkat menjadi 75,90% pada siklus II. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dimana pada siklus I aktivitas siswa sebesar 67,65% meningkat menjadi 80,30% pada siklus II.

Kata Kunci: Model pembelajaran Project Based Learning, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

References

1. Akdon & Riduwan, 2010, Rumusan Dan Data Dalam Analisis Statistika, Cet 2, Alfabeta
2. Amri, Sofan. 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum Perwakilan Kelompok Masing-Masing.
3. Amir, Taufiq, M. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana Prenada Media Group: Jakarta
4. Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta
5. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt Rineka Cipta
6. Asikin, Moh. Dan Pujiadi. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Sma Kelas X. Semarang : Skripsi Tidak Diterbitkan
7. Bimo, Walgito. (1980). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset
8. Burhanuddin Dan Wahyuni. (2010). Teori Belajardan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
9. Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
10. I.G.A.K. Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka Ktsp Sd/Mi 2011
11. Indrawati Dan Setiawan, W. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan Untuk Guru Sd. Bandung. Pppptk Ipa.
12. Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
13. Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada
14. Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep Dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.
15. Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Pt Refika Aditama
16. Kusaeri Dan Suprananto. 2012. Pengukuran Dan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu.
17. Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
18. Oemar Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung Bumi Aksara
19. Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pt. Rineka Cipta
20. Sudirman. (1992). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
21. Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
22. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta
23. Trianto, (2007). Model-Model Pembelajaran Iinovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta
24. Warsono Dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori Dan Assesmen. Bandung: Remaja Rosda Karya
Published
2021-12-01
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 761
PDF Downloads: 3034