PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAHLIAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN TERHADAP SISWA KELAS XI TKR SMKN 1 BENDO

  • Mohammad Fajrul Falach Universitas Negeri Surabaya
  • A grummy wailanduw Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai satu sektor penghasil tenaga kerja terampil harus berbenah menyiapkan ketrampilan siswanya di era industri 4.0 ini. Ketrampilan berpikir perlu ditingkatkan untuk menyelaraskan kemampuan mereka dengan kecepatan teknologi yang berubah pesat. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dilakukan melalui diskusi kelompok kecil dimana setiap anggota harus terlibat aktif dalam memecahkan suatu masalah. Jenis penelitian yang digunakan untuk penelitian kali ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini  adalah model penelitian Kurt Lewin. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMKN 1 BENDO dan subjek dari penelitian ini adalah kelas XI TKR. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh 78% dan pada siklus II memperoleh 83%. Nilai rata rata tiap aspek penilaian mengalami peningkatan. Hasl tersebut ditunjukkan pada siklus I memperoleh aspek kognitif 62,2 aspek afektif 77,7, aspek psikomotorik 77,2 dan pada siklus II memperoleh aspek kognitif 78,1, aspek afektif 81,4, aspek psikomotorik 79,2. Persentase ketuntasan kelas siklus I memperoleh nilai 60% dan siklus II memperoleh 82%.

Kata Kunci: Penerapan, Problem Based Learning , PTK, Kurt Lewin

References

• 2017. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 5,50 persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2017/11/06/1377/agustus-2017--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-50-persen.html (diakses pada 19 November 2020)
• Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
• Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
• Arsana, I Made, Sudirman Rizki Ariyanto, Hanif Gunawan Wibisono. 2019. Implementation Of Problem Based Learning Models Supported By Trainer Radiator Module For Heat Transfer Learning. Jurnal Taman Vokasi Vol. 7, Issue (2). pp.226-231.
• Arsana, I M., I W Susila, R S Hidayatullah, S R Ariyanto. 2019. Implementation of Troubleshooting Teaching Method to Develop Student’s Competency in Conducting Motorcycle Tune-up. IOP Publishing. pp. 1-8. doi:10.1088/17426596/1387/1/012096.
• Putria, Yossi Dwi. 2017. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Pelestarian”. Bandung.
• Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
• Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka
Published
2022-01-08
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 88