PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

  • aan lancur ferdinan Universitas Negeri Surabaya
  • Dewanto dewanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan/ dan teknologi/ telah mengubah wajah peradaban dunia. Dalam perkembangan/ selanjutnya kita telah/ sampai pada revolusi/ industri generasi keempat. Perbaikan/ pada sektor Sumber/ Daya Manusia /dapat dilakukan /dengan peningkatan /pendidikan  yang dapat mengembangkan/ potensi peserta didik/ baik berupa sikap, pengetahuan, dan keterampilan. SMK selaku pendidikan menengah/ dituntut untuk /menghasilkan lulusan yang /siap kerja dengan /kemampuan industri 4.0. Salah satu kemampuan yang /dibutuhkan di era /revolusi industri 4.0 adalah kemampuan ketrampilan berpikir kritis. Namun /proses pembelajaran yang biasanya diterapkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia saat ini masih banyak yang berpusat pada pengajar atau guru. Kondisi tersebut dapat dilihat dari proses kegiatan belajar yang masih konvensional yaitu banyak menggunakan model pembelajaran secara langsung dengan metode ceramah, semua itu dilaksanakan karena sarana prasarana belum dimanfaatkan seoptimal mungkin dan kurangnya penggunaan contoh atau alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu kekurangan pada pembelajaran di sekolah adalah kurang tepatnya pemilihan model dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Permasalahan tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa sehingga juga berpengaruh pada kurangnya hasil belajar siswa, sehingga perlunya menerapkan model Problem Based Learning(PBL). 

References

1. Apandi, I. (n.d.). Guru dan Implementasi Pendekatan Saintifik
2. dalam Pembelajaran Guru dan Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Www.Kompasiana.Com. Retrieved June 3, 2020, from https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5bca01f6 677ffb1af9055c47/penguatan-kemampuan-guru- dalam-implementasi-pendekatan-saintifik-dalam pembelajaran?page=all%0D
3. Kurnianto, B., & Arsana, I. M. (2020). Penerapan
4. Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Critical Thingking Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X Tkr 1 Di Smkn 3 Boyolangu Tulungagung. JPTM, 9(3), 99–107. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal- pendidikan-teknik- mesin/article/download/35167/31288
5. Lestari, D. E., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Kokami Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Aksioma, 8(2), 68. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1695
6. Nurhayati, N., & Angraeni, L. I. P. P. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.21009/1.03201
7. Ni Wyn. Sriasih, dkk. (2014). Pengaruh Ketrampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Kelas III SD Negeri Banyuning. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1)
8. Redhana, I W. & Kartowasono, N., 2006. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Minat, Pemahaman, dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Laporan
9. Redhana, I W. & Simamora, M. 2007. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan LKM untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.
10. Redhana, I W. & Sudiatmaka, A. A. R. I. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA.Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.
11. Redhana, I W. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Masalah Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Mata Pelajaran Kimia. Disertasi (tidak diterbitkan). Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia.
12. Sadia, I W. 2009. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Makalah disajikan Disajikan pada DIKLAT Strategi Pembelajaran Inovatif BagiGuru Fisika di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Bali Tgl. 22 s/d 27 Agustus 2009: Universitas Pendiikan Ganesha.
13. John R. Savery and Thomas M. Duffy, Problem Based Learning: An instructional model and its constructivist framework. Google scholar 3-04-2021/ 8.50
14. Haobin Yuan1, Wipada Kunaviktikul, Areewan Klunklin and Beverly A. Williams, Promoting Critical Thinking Skills Through Problem-Based Learning, CMU. Journal of Soc. Sci. and Human. (2008) Vol.2(2)
15. M. Rahmat, Asep Ginanjar Arip, Sofyan H. Nur. 2020. Implementation of Problem- Based Learning Model Assisted by E-Modules on Students' Critical Thinking Ability. JPI, Vol. 9 No. 3, September 2020
16. Wahyu Listiagfiroh, Ellianawati. 2019. Problem Based Learning: Practicing Students' Critical Thinking Skills with Cognitive Style Dependent Fields and Independent Fields. DOI: doi.org/10.21009/1.05212
17. Ronald A. Styron, Jr., Ed.D. Critical Thinking and Collaboration: A Strategy to Enhance Student Learning. VOLUME 12 - NUMBER 7 - YEAR 2014
18. Yulianti, T., Pramudya, I., & Slamet, I. 2019. Effects of the 21st Century Learning Model and PBL on HOTS. International Journal of Educational Research Review,4 ,749755. https://doi.org/10.24331/ijere.629084
19. Dinda Hasna Septianggraini, Dewanto, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tpm 2 Pada Mata Pelajaran Dptm Di Smk Dharma Bahari Surabaya, JPTM. Volume 08 Nomor 02 Tahun 2019, 37-43
Published
2022-01-20
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 328
PDF Downloads: 435