PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • Rizki Yusuf Baharudin Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Cholik Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran pocket book berbasis Android yang layak digunakan dan diharapkan mampu meningkatkan efektifitas hasil belajar peserta didik kelas X Teknik Pemesinan di SMKN 1 Sidoarjo pada mata pelajaran gambar teknik. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan metode one grup pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi,  angket respon peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik. lembar pre-test post-test, angket kelemahan dan keunggulan media. Hasil dari kelayakan media pembelajaran berkategori sangat layak dengan nilai rata-rata sebesar 91%. Hasil uji coba menunjukkan pocket book gambar teknik merupakan media pembelajaran yang praktis karena diperoleh respon positif dari peserta didik sebesar 82% dikategorikan sangat baik, dan dari tiga orang pengamat sebesar 83% dikategorikan sangat praktis. Keefektifan media pada gain score sebesar 0,458, termasuk kategori sedang. Media pocket book memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pocket book berbasis Android dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk menunjang mata pelajaran gambar teknik.

Kata Kunci: Media, Pocket Book, Android, ADDIE

References

1. Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
2. Damayanti et.al. 2018. Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Matematics Education, 1(1), 63-70
3. Khumaidi, A., & Sucahyono, I. 2018. Pengembangan Mobile Pocket Book Fisika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Momentum dan Impuls. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2).
4. Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
5. Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
6. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Research and Development. Bandung: Alfabeta.
7. Widyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Perogeram Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
8. Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga. Jurnal Gammath.
Published
2022-01-16
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 427
PDF Downloads: 176