PENGARUH JUMLAH PLAT PADA HHO GENERATOR TIPE WET CELL DENGAN GEOMETRIS PERSEGI TERHADAP PERFORMA DAN EMISI MOTOR BENSIN 4 TAK

  • Sayyidah Minashofwati Islami Universitas Negeri Surabaya
  • Indra Herlamba Siregar Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

HHO Generator digunakan sebagai wadah untuk pengoptimalan bahan bakar air. Dimana nantinya akan mengolah dan memisahkan partikel/molekul air sebelum disalurkan menjadi suplemen/penambahan pada kendaraan demi mengurangi keborosan pembakaran bahan bakar dan mengurangi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. Menggunakan variasi jumlah plat pada HHO generator tipe wet cell dengan jumlah plat sebanyak 4 buah, 8 buah, dan 12 buah dimana pengujian dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi jumlah plat pada HHO generator terhadap performa (torsi dan daya) dan terhadap emisi gas buang (HC dan CO) pada sepeda motor Honda Beat tahun 2015. Variabel kontrol meliputi pengujian dilakukan pada rpm 1400, 5000, dan 8000, dengan bahan bakar yang digunakan adalah pertamax. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu chasis dynamometer, exhaust gas analyzer, rpm counter and oil temperature meter, timbangan, dan four in one multifunction environment meter. Penambahan HHO generator dengan variasi plat 4 buah, 8 buah, dan 12 buah memberi pengaruh kepada performa mesin, yaitu berupa penurunan torsi dan daya. Penurunan torsi tertinggi pada HHO generator 12 plat pada rpm 1400 sebesar 35,55%. Penurunan daya tertinggi terjadi pada HHO generator 12 plat pada rpm 1400 sebesar 33,42%. Penambahan HHO generator dengan variasi jumlah plat juga memberi pengaruh terhadap emisi gas buang. Penurunan HC tertinggi pada rpm 8000 dengan HHO generator 12 plat sebesar 40,52%. Penurunan CO tertinggi terjadi pada rpm 8000 dengan HHO generator 12 plat sebesar 91,82%.

Kata Kunci: HHO generator, brown gas, jumlah plat, rpm, performa mesin, emisi gas buang.

References

1. Al-Rousan, Ammar A., dan Sa'ed A. Musmar. 2018. "Effect of Anodes-Cathodes Inter-distance of HHO Fuel Cell on Gasoline Engine Performance Operating by a Blend of HHO". International Journal of Hydrogen Energy. Hal: 1-9.
2. Arends, BPM., dan H. Berenschot (Ed). 1980. Motor Bensin. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
3. Arismunandar, Wiranto. 2005. Penggerak Mula: Motor Bakar Torak. Edisi Kelima. Bandung: Penerbit ITB.
4. Ismail, Tamer M., et al. 2018. "Performance of Hybrid Compression Ignition Engine Using Hydroxy (HHO) from Dry Cell". Energy Conversion and Management. Vol. 155: hal. 287-300.
5. Jeremiah, dan Vigneshwaran. 2017. "Design, Fabrication, and Analysis of HHO Generator for Two Wheelers". International Journal of Advanced Research Trends in Engineering and Technology (IJARTET). Vol. 4: hal. 610-619. 5 (2): hal 105-112
6. Kusumawati, Ariezatin. 2014. "Unjuk Kemampuan Multi Cell Water Electrolyzer Model Plat Terhadap Reduksi Emisi Gas Buang dan Performa Mesin Yamaha Miko". Jurnal Teknik Mesin Unesa. Vol. 3 (2): hal. 20-28.
7. Nu'man. 2013. "Performa Mesin dan Emisi Gas Buang Motor Bensin Berbahan Bahan Bakar LPG Dengan Penambahan Gas HHO". Jurnal Teknik Mesin Unesa. Vol. 1 (2): hal. 271-276.
8. Nugroho, Heru Fitra, dan Bambang Yunianto. 2016. "Pengujian Penggunaan Generator HHO Jenis Dry Cell Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor". Jurnal Teknik Mesin S-1. Vol. 4 (2): hal. 258-265.
9. Obert, Edward F. 1973. Internal Combustion Engine and Air Pollution. Third edition. New York: Harper & Row, Publisher, Inc.
10. Sudarmanta, Bambang, et al. 2016. "Application od Dry Cell HHO Gas Generator With Pulse Width Modulation on Sinjai Spark Ignitionn Engine Performance:. International Journal of Research in Engineering and Technology. Vol
11. Sudirman, Urip. 2008. Hemat BBM dengan AirI. Jakarta: PT. Kawan Pustaka.
12. Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
13. Swisscontact. 2001. Injeksi Bensin Elektronis dan Manajemen Mesin. Jakarta: Swisscontact Clean Air Project.
14. Warju. 2009. Pengujian Performa Mesin Kendaraan Bermotor. Surabaya: Unesa University Press.
15. Warju. 2013. Teknologi Reduksi Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Surabaya: Unesa University Press.
16. https://www.bps.go.id/statictable/.html, diakses 1 Mei 2019
17. https://docplayer.info/30688579-Jurnal-rona-teknik-pertanian-issn.html, diakses 20 November 2019
18. https://docplayer.info/71376601-Abdillah-nur-zaied-k.html, diakses 20 November 2019
19. https://hho4u.wordpress.com/2013/02/01/new-hho-dry-cells-25-and-13-plate-dry-cell-by-hho2u, diakses 15 Februari 2020
20. https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/04/121200815/pahami-ketentuan-ambang-batas-emisi-gas-buang-kendaraan, diakses 3 Desember 2021
21. https://www.google.com/search?q=Katalis, diakses 20 November 2019
22. https://www.google.com/search?q=water+trap+hho+generator, diakses 20 November 2019
23. https://www.researchgate.net/figure/Generator-gas-HHO-Wet-Cell-type-generator-construction-bElectrodes-area_fig4_297289889, diakses 15 Februari 2020
24. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0360319918305871, diakses 20 Februari 2020
25. https://www.shs-conferences.org/articles/shsconf/pdf/2018/10/shsconf_ices2018_02016.pdf, diakses 15 Februari 2020
Published
2022-02-10
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 558
PDF Downloads: 132