PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI MAHASISWA PRODI PTM DI MASA PANDEMI : KETERLAKSANAAN DAN PERSEPSI PENGELOLA PI SECARA DARING

  • Mochammad Ainur Rafli Universitas Negeri Surabaya
  • Theodorus Wiyanto Wibowo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pandemi Covid-19 ini menghambat segala pelaksanaan perkuliahan yang dilaksanakan secara langsung tatap muka menjadi daring. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan perguruan tinggi dalam pelaksanaan Program PI pada Prodi PTM FT Unesa, mengetahui persepsi kesiapan dosen, mahasiswa dan pihak industri dalam penerapan perkuliahan PI, dan mengetahui pelaksanaan dan ketercapaian perkuliahan PI serta mengetahui kesulitan yang terjadi dalam perkuliahan PI dan memberikan solusinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 15 mahasiswa Unesa prodi S1 PTM konsentrasi Otomotif angkatan 2018 yang telah melaksanakan perkuliahan PI, 3 dosen pembimbing dan 3 pembimbing industri. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data instrumen berupa x kuesioner dan wawancara dengan divalidasi oleh 2 validator instrumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini untuk instrumen kuesioner dan wawancara layak untuk diujikan kepada responden dengan persentase 88% dan 90%. Hasil instrumen kuesioner yang diisi oleh mahasiswa mendapat skor mengenai kesiapan dalam penerapan PI sebesar 198 dari 300 skor maksimal, mengenai pelaksanaan PI sebesar 402 dari 480 skor maksimal, dan mengenai capaian perkuliahan PI sebesar 286 dari 360 skor maksimal. Hasil instrumen wawancara yang dilakukan dengan dosen pembimbing dan pembimbing industri mendapat jawaban yang memuaskan mengenai persepsi persiapan dan pelaksanaan perkuliahan PI.

Kata Kunci: Praktik Industri, Kompetensi Mahasiswa dan Pandemi Covid-19

References

1. Astuti, Dwi Erma. 2012. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
2. Ayu, Diah Ernaningsih. 2020. Analisis Kesulitan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMS dalam Penulisan Skripsi Selama Pandemi COVID-19 Tahun Akademik 2019/2020. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
3. Bhetharem, Marzuki Ismail. 2020. Tingkat Motivasi Dan Model Aktivitas Jasmani Siswa Dan Guru SMAN 2 Sumenep Di Masa Pandemi. Tesis. Universitas Negeri Surabaya.
4. Kasturi, W. W., Suwachid, & Bugis, H. 2012. Hubungan Antara Pengalaman Praktek Industri Dan Prestasi Belajar Dengan Minat Bekerja Di Industri Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Angkatan Tahun 2008 JPTK FKIP UNS Surakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.
5. Nurjannah, W. T. I. 2015. Pengaruh Praktik kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Wonosari. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
6. Pardjono & Suwarman. 2014. Pengelolaan Praktik Kerja Industri Pada Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Se-Kabupaten Kulon Progo. JPV, Vol 4(1): hal. 83-95.
7. Saputra, Arti Arika. 2017. Hubungan Antara Prestasi Praktik Kerja Industri Dan Prestasi Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Bagi Siswa Kelas XI Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
8. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta.
9. Wahini, Meda. 2014. Buku Panduan Praktik Industri (PI)/Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Teknik Unesa
10. Yulianto, Ari. 2010. Hubungan Antara Teori Otomotif dan Praktek Otomotif Terhadap Kesiapan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XI SMK Veteran 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.
Published
2022-03-24
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 77