KESIAPAN PELAKSANAAN TEACHING FACTORY KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMK TRIYASA SURABAYA

  • achmat soleh Universitas Negeri Surabaya
  • wahyu kurniawan

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Teaching factory di SMK Triyasa Surabaya
Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor dari aspek Kualifikasi, kompetensi, kerjasama guru dengan industri (2)
Mengidentifikasi kesiapan aspek Sarana dan prasarana (3) Mengidentifikasi upaya yang harus dilakukan dalam
mempersiapkan pelaksanaan teaching factory.
Jenis penelitian menggunakan metode (descriptif research). Meliputi lembar (1) angket, (2) observasi, (3)
dokumentasi
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Aspek kualifikasi dari 7 Guru terdapat 7 guru (100%) masuk dalam
kategori “sangat siap”, Berdasarkan Aspek Kompetensi dari 7 Guru terdapat 3 guru (42%) masuk dalam kategori
“sangat siap” dan 4 guru (52%) masuk dalam kategori “siap”, Berdasarkan Aspek Kerjasama Guru dengan Industri
dari 7 Guru terdapat 3 guru (42,85%) masuk dalam kategori “sangat siap” dan 3 guru (42,85%) masuk dalam
kategori “siap” dan terdapat 1 guru (14,3%) masuk dalam kategori “kurang siap”.
(2) Aspek Sarana prasarana dari 5 aspek terdapat 4 aspek (80%) (Peralatan, Ruang, tata Kelola Alat, Layout
bengkel) masuk dalam kategori “sangat siap” dan terdapat 1 aspek (20%) (Proses MRC) masuk dalam kategori
“Siap”.
(3) Identifikasi Kesiapan Standard Bengkel Teaching factory TBSM dari 67 item check point (100%) (strategic
tools, special tools, common tools, measurement tools, complementary tools, unit motor, engine, rangka) terdapat
terdapat 17 item check yang belum ada (25%) dan 50 item check yang sudah ada (75%) masuk dalam kategori “siap”
namun perlu digaris bawahi 17 item check belum ada tersebut menjadi PR untuk segera mengupayakan pengadaan.
Kata kunci: Kesiapan Teaching factory, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, SMK Triyasa Surabaya

References

Anas Sudijono. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan.
Jakarta: Raja Grafindo Persada 1996.
Arifin.M dan Barnawi. 2012. Manajemen sarana dan
prasarana sekolah. Ar-Ruzz Media : Jakarta
ATMI-Biz-Dec. (2015). Teaching Factory Coaching
Programe. Surakarta: Kemendikbud.
Bower, G. H. (1975). Theorist of learning. Englewood
Cliffts. New York: Prentice-Hall.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
DITPSMK. 2017. Pedoman Pembelajaran (Penerapan
Model-Model Pembelajaran) Pada SMK. Jakarta:
Direktorat Pendidikan SMK, Direktorat Jenderal
Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Fajaryati, N. (2012). Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory
di SMK Surakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan UNY, 2, 325-337.
Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan
Kualitatif. Yogyakarta:Graha Ilmu.
Kasman, T. (2017). Tata Kelola Pelaksanaan Teaching
Factory. Jakarta: Kemendikbud.
Khoiron, A.M. (2016). The Influence of Teaching Factory
Learning Model Implementation to The Students'
Occupational Readiness. Journal of Technology
Vocational Education FT UNY, 23, 122-129.
Peraturan Menteri. (2008). Lampiran peraturan pendidikan
Nasional No. 40 tahun 2008 tanggal 3 juli 2008
standar sarana dan prasarana sekolah menangah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan (SMK/MAK).
Republik Indonesia. (2008). Pemendiknas Nomor 40 Tahun
2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk
Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah
Kejuruan (SMK/MAK).
Republik Indonesia. 2007. Permendiknas No.16 Tahun
2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru. Jakarta: Seketariat Negara
Republik Indonesia. 2008. Peraturan Dirjen Pendidikan
Dasar dan Menengah No. 6 Tahun 2018 tentang
spektrum keahlian SMK/PMK tahun 2018
Rully, I & Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian.
Bandung: PT Refika Aditama
Rully, I & Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian.
Bandung: PT Refika Aditama.
Sarwono, J. (2012). Metode Penelitian Kuntitatif &
Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung:
Alfabeta.
Published
2022-04-04
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 406