Bahasa Indonesia
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS X SMK NEGERI 3 SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Covid-19, Blended Learning, Respon Peserta didik, Prestasi BelajarAbstract
Terbitnya SE Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) membuat kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara jarak jauh atau daring. Dari hasil observasi hasil belajar peserta didik di Jurusan TKR sebanyak hampir 50% peserta didik belum tuntas belajar. Penelitian ini jenis penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Desain dari penelitian ini menggunakan eksperimen nyata (True Experimental Research Design). Populasi dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas X Jurusan TKRO SMK Negeri 3 Surabaya berjumlah 108 orang dengan teknik sampling menggunakan cluster sampling. Hasil dari penelitian ini didapat respon dari peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran blended learning berdampak positif didapat hasil rata-rata sebesar 77%. Penggunaan model pembelajaran blended learning berhasil meningkatkan prestasi dari belajar peserta didik yang cukup signifikan di Jurusan Teknik Kendaraan Otomotif dalam mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif. Peningkatan yang terjadi diperoleh sebesar 72%.
Kata Kunci : Covid-19, Blended Learning, Respon Peserta Didik, Prestasi Belajar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

