Bahasa Indonesia

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS X SMK NEGERI 3 SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Muhammad Ihza Khalifa Pradana Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Nurjannah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Terbitnya SE Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) membuat kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara jarak jauh atau daring. Dari hasil observasi hasil belajar peserta didik di Jurusan TKR sebanyak hampir 50% peserta didik belum tuntas belajar. Penelitian ini jenis penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Desain dari penelitian ini menggunakan eksperimen nyata (True Experimental Research Design). Populasi dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas X Jurusan TKRO SMK Negeri 3 Surabaya berjumlah 108 orang dengan teknik sampling menggunakan cluster sampling. Hasil dari penelitian ini didapat respon dari peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran blended learning berdampak positif didapat hasil rata-rata sebesar 77%. Penggunaan model pembelajaran blended learning berhasil meningkatkan prestasi dari belajar peserta didik yang cukup signifikan di Jurusan Teknik Kendaraan Otomotif dalam mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif. Peningkatan yang terjadi diperoleh sebesar 72%.

Kata Kunci : Covid-19, Blended Learning, Respon Peserta Didik, Prestasi Belajar

References

A.Farihah Manggabarani, S. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur). Jurnal Chemica , Vol. 17, 83 – 93.
2. Abdullah, A. H. (2020). Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Integrated Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan RIngan di SMK Negeri 2 Surabaya. Surabaya: UNESA.
3. Abubakar, R. (2020). PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
4. Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
5. Andri, J. (t.thn.). Lukisan Pemandangan Alam. Dipetik desember 05, 2021, dari Scribd: https://id.scribd.com/document/370481634/Lukisan-Pemandangan-Alam
6. anonim. (2019). Kenapa kebanyakan orang menikmati pemandangan alam seperti pantai dan gunung? Apa manfaat evolusioner dari hal ini? Apakah para leluhur kita juga menikmati hal yang sama? Retrieved desember 05, 2021, from https://www.galena.co.id/q/kenapa-kebanyakan-orang-menikmati-pemandangan-alam-seperti-pantai-dan-gunung-apa-manfaat-evolusioner-dari-hal-ini-apakah-para-leluhur-kita-juga-menikmati-hal-yang-sama
7. Anonim. (2020). Model Blended Learning : Unsur-Unsur, Kelebihan dan Kekurangannya. Dipetik Desember 06, 2021, dari AMONG GURU: https://www.amongguru.com/model-blended-learning-unsur-unsur-kelebihan-dan-kekurangannya/
8. Anonim. (t.thn.). Understanding the difference between hybrid learning and blended learning. Dipetik 12 28, 2021, dari https://blog.polleverywhere.com/difference-between-blended-and-hybrid-learning/
9. Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
10. Asarudin, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Youtube Untuk Mata Pelajaran Teknik Pengelasan SMAW Kelas XI Jurusan Teknik Pengelasan SMK Semen Gresik. Surabaya: UNESA.
11. Aswanto. (2020). PENGARUH JUMLAH PENDUDUK DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) PROVINSI RIAU 2010-2020. PROSIDING SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS 1 (hal. 10). Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya .
12. Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran. Tarbawy, Volume 6(No. 1), 19.
13. Behlol, M. G. (2010). Concept of Learning. International Journal of Psychological Studies, 231-239.
14. Codemi. (2021). Kelebihan Model Blended Learning dan Kekurangannya Saat Ini. Dipetik Desember 08, 2021, dari https://codemi.co.id/kelebihan-model-blended-learning-dan-kekurangannya-saat-ini/
15. Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
16. dkk, H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Mataram: Pustaka Ilmu.
17. Dr. Drs. H. Rifa’i Abubakar, M. (2021). Lektor. In M. Dr. Drs. H. Rifa’i Abubakar, PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN (p. 144). Yogyakarta : SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
18. Faidatul Musyarrofah, F. W. (2021). VOM WORT ZUM SATZ ZUM TEXT UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SEMESTER II. Laterne, 1-11.
19. Firizal, H. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PUISI SISWA KELAS IV SDN 26 PELANGI KECIL KECAMATAN RANAH PESISIR KABUPATEN PESISIR SELATAN. Padang: UNIVERSITAS BUNG HATTA.
20. Gunawan, W. (2022, 04 Jumat). KBBI Online. Retrieved from typoonline: http://typoonline.com/
21. Helmiati. (2021). Model Pembelajaran. Pekanbaru: Aswaja Pressindo.
22. Hidayat, C. (2018). Pengertian Media Pembelajaran. Retrieved desember 05, 2021, from ranahresearch: https://ranahresearch.com/pengertian-media-pembelajaran/
23. Hidayat, R. A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI TKR di SMK Ma’arif 1 Wates. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
24. Houwer, J. D. ( ). A Functional Definition of Learning. Dalam J. D. Barnes-Holmes, Psychonomic Bulletin & Review. Belgium: Ghent University.
25. Kasran, M. (2013). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X F SMA NEGERI 1 SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA FOTO KEINDAHAN ALAM. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
26. Kemendikbud. (2022, April Jumat). KBBI Daring. Retrieved from KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/
27. Khoiriyah. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SD Negeri 2 Tanjungan Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Lampung: UIN Raden Intan.
28. Komala, N. (2021). Evaluasi Pembelajaran Program Link And Match Dengan Dunia Usaha/Industri Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 3 Surabaya. Surabaya: UNESA.
29. Marsel Nande, W. A. (2021). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Penerapan Model Pembelajaran Blanded Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan, Vol. 3(Nomor 1), 180-187.
30. Mulyana, A. (2021, Juni 08). Pengertian dan Komponen Penyusunan Modul Ajar. Retrieved Desember 19, 2021, from https://ainamulyana.blogspot.com/2021/05/pengertian-dan-komponen-penyusunan.html
31. NARLAUSTINA, M. (2013). Penggunaan Media Audio Visual Dan Strategi Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran PKN Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Gemantar Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
32. Nur, G. D. (2014). Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
33. Nurfauziya, S. (2018). Pengaruh Reward And Punishment Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas X di SMAN 1 Rejotangan. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
34. Nurlian Nasution, N. J. (2019). Buku Model Blended Learning. Pekanbaru: Uni lak Press.
35. Oke, B. G. (t.thn.). Blended Learning: Theoretical Foundations. Indiana: Indiana Wesleyan University.
36. Pamungkas, H. A. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VIII SMP VITA SURABAYA TAHUN AJARAN 2015/2016 . Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
37. Putri, S. Z. (2018). ANALISIS RESPON DAN INTERAKSI SOSIAL ANAK SLOW LEARNER TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA UNTUK ANAK KELAS 4 SDN TLEKUNG 02 BATU. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
38. Rahmadhani, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Islam 1 Durenan Trenggalek pada Materi Fungsi Tahun Akademik 2018/2019. Tulungagung: UIN Satu Tulungagung.
39. Ranah Research. (t.thn.). Pengertian Metode Penelitian Eksperimen dan Cara Menggunakannya. Dipetik Januari 03, 2022, dari https://ranahresearch.com/pengertian-metode-penelitian-eksperimen/
40. Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri' : Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 1-13.
41. Rusyida, H. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Lingkaran di MTsN Sumberjo Sanankulon Blitar Tahun Ajaran 2014/2015. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
42. Salmaa. (2021). Desain Penelitian: Pengertian, Jenis, dan Contoh Lengkap. Dipetik Januari 03, 2022, dari https://penerbitdeepublish.com/desain-penelitian/#1_Desain_penelitian_eksperimental
43. Siegelman, A. (2019). Blended, Hybrid, and Flipped Courses: What’s the Difference? Dipetik 12 28, 2021, dari https://teaching.temple.edu/edvice-exchange/2019/11/blended-hybrid-and-flipped-courses-what%E2%80%99s-difference
44. Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi , Vol 2(Nomor 3), 368-378.
45. Solina, M. (2015). PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN MENULIS PUISI. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
46. Steele, C. (2021). Hybrid vs. Blended Learning: The Difference and Why It Matters. Dipetik 12 28, 2021, dari https://www.leadinglearning.com/hybrid-vs-blended-learning/
47. Sukoco, P. C. (t.thn.). Blended Learning Dalam Pembelajaran Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK. Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK (hal. 325-332). Malang: Universitas Negeri Malang.
48. Sumaryanta. (2015). PEDOMAN PENSKORAN. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 181-190.
49. Sumberpengertian.Id. (2021, February 10). Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli. Dipetik desember 05, 2021, dari https://www.sumberpengertian.id/pengertian-seni-lukis
50. Susi, P. (2012). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD MANGIR LOR KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL. YOGYAKARTA: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
51. Tarigan, S. (2021). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. Indonesian Journal of Educational Development, 148-157.
52. Wihartini, K. (2019). Analisis Manfaat Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Vol 3 Tahun 2019 (hal. 1001-1003). Medan: http://semnasfis.unimed.ac.id.
53. Winarsih. (2011). Peningkatan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Montessori. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
54. Winaryati, E. (2013). Model Pembelajaran "Wisata Lokal" (Implementasi Pembelajaran Abad 21). Semarang: Unimus Press.
55. Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).
Published
2022-07-06
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 28