STUDY TENTANG JOB SAFETY ANALYSIS DALAM IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJAAN KAPAL BANGUNAN BARU DI PT. ORELA SHIPYARD, GRESIK

  • Eka Prasetya Nugraha Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Riandadari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Dengan meningkatnya penggunaan teknologi dalam dunia industri diiringi dengan meningkatnya risiko dan beraneka ragam kecelakaan kerja. Tingginya angka kecelakaan kerja dalam suatu pekerjaan dapat kita hindari atau diminimalisir jika mengetahui, mengenal dan memahami potensi kecelakaan kerja pada lingkungan kerja. Metode Analisa guna mengetahui potensi bahaya tersebut yang paling sering dan paling umum adalah Job Safety Analysis (JSA). Dalam melakukan metode Job Safety Analysis (JSA) dibantu Risk Assessment. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga data yang dimasukan berupa kata, kalimat atau gambar yang kemudian dilakukan penilaian terhadap proses pekerjaan untuk menentukan tingkat bahaya. Objek pada penelitian ini berupa proses produksi kapal bangunan baru yaitu berfokus pada pekerjaan assembly dan erection block di PT. Orela Shipyard, Gresik. Pada penelitian ini menjelaskan bahwa pada setiap pekerjaan terdapat potensi bahaya dengan dilaksanakannya kegiatan Job Safety Analysis (JSA). Berdasarkan pada hasil Job Safety Analysis dan Risk Assessment pada pekerjaan assembly dan erection block kapal bangunan baru terdapat 7 kegiatan kerja dengan indeks risiko tinggi, 38 kegiatan kerja dengan indeks risiko sedang, serta 14 kegiatan kerja dengan indeks risiko rendah.  Jenis pengendalian ditentukan berdasarkan tingkat risiko serta hierarchy of control adalah kontrol administratif, substitusi, menggunakan APD, mengadakan kegiatan toolbox meeting dan menerapkan 5R.

Kata Kunci: Potensi Bahaya; Assembling Block; Erection Block; Job Safety Analysis; Risk Assessment.

References

1. Australian and Standars New Zealand 4360. 2004. Risk Management Guidelines. Sydney.
2. Ahmad Fahmi Alwi, Minto Basuki, dan Siti Fariya. 2017. Penilaian Risiko K3L pada Reparasi Kapal di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) Menggunakan Job Safety Analysis (JSA).
3. Djaya, Indra Kusna, Dkk. 2008. Teknik Konstruksi Kapal Baja Jilid II. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
4. Fran Mahendar, Darminto Pujutomo, ST., MT.,. 2014. Identifikasi Bahaya, Pengendalian Resiko dan Keselamatan Kerja pada Bagian Bengkel Repair Galangan Kapal dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) di PT. Janata Marina Indah, Semarang.
5. Fitra Suharianto. 2015. Study tentang Job Safety Analysis dalam Identifikasi Potensi Bahaya sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja pada Pekerjaan Reparasi Kapal KRI Nala 363 di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero).
6. M. Fashirul Alfian. 2017. Identifikasi Bahaya Proses Launching Kapal Menggunakan Sistem Marine Airbag Ship Pada Slipway Area Galangan Kapal PT. Daya Radar Utama Unit Lamongan.
7. Occupational Safety and Health Administration. 2002. Job Hazard Analysis. U.S Department of Labor.
8. Ramli, Soehatman. 2010. Pedoman Praktis Manajemen Risiko Dalam Perspektif K3 OHS Risk Management. Jakarta: Dian Rakyat.
9. Ramli, Soehatman. 2010. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Jakarta: Dian Rakyat.
10. Rijanto, Boedi. 2011. Pedoman Pencegahan Kecelakaan Di Industri. Jakarta: Mitra Wacana Media.
11. Setiawan, B. 2015. Penilaian Risiko Usaha Reparasi Kapal Pada Perusahaan Gaalangan Kapal PT. Janata Marina Indah Unit 1 Semarang. Skripsi. Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Mineral Dan Kelautan ITATS, Surabaya.
12. Shenoi, R.A. 1989. Ship Production Technology. Ship Science Report No. 37. University of Southampton.
13. Suwasono, Bagiyo. 2004. Manajemen Produksi Kapal. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
14. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
15. Tim Penyusun. 2014. Paduan penulisan dan Penilaian Skripsi. Surabaya: Unesa University Press.
16. UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Published
2022-07-06
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 329
PDF Downloads: 337