Pengembangan Video Pembelajaran Youtube Untuk Mata Pelajaran Teknik Pengelasan GMAW Kelas Xi Jurusan Teknik Pengelasan Smk Negeri 1 Pungging Mojokerto

  • Aida Qonitatillah Aida Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Hasbi Ramadani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Peneliti melakukan penelitian dengan judul tersebut dikarenakan adanya kendala untuk proses pembelajaran pada saat ini, dikarenakan adanya  dampak yang terjadi untuk pada hasil belajar dan respon siswa yang rendah. Untuk itu Penelitian mempunyai tujuannya yaitu mengembangkan video pembelajaran youtube pada pelajaran teknik pengelasan GMAW. Yang digunakan untuk Penelitian ini adalah menggunakan penelitian R&D (Research and development) model pengembangan menggunakan Peter Fenrich. Pada analisis data ini metodenya menggunakan kuantitatif dan deskriptif kuantitatif. Untuk pengumpulan data menggunakan penyebaran angket dan tes. Video pembelajaran mendapat untuk Kelayakan pada video pembelajaran memperoleh dengan total rata-rata nilai yang diperoleh adalah dengan skor nilai 3,865 termasuk pada kategori sangat layak. Hasil belajar memperoleh kriteria pada ketuntasan materi nilai yang berpatok KKM, pada kelulusan nilai pre-test yang diperoleh 10% dan untuk nilai post-test sebesar 100%. Pada perhitungan yang dilakukan dengan uji N-gain score dapat dilihat untuk nilai rata-ratanya yang didapatkan adalah 0,704 masuk pada efektivitasnya kategori tinggi. Respon siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 3,667 termasuk kategori tinggi.

Kata  Kunci:  Video Pembelajaran, Respon , Hasil Belajar

 

References

1. Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran . Jakarta Rajagrafindo Persada.
2. Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
3. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, 266.
4. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
5. Asarudin Auzan, D. R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Youtube Teknik Pengelasan Smaw Kelas Xi Jurusan Teknik Pengelasan Smk Semen Gresik. Jptm, 1.
6. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). . Bandung: Alfabeta34.
7. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods. . Bandung: Alfabeta34’
Published
2022-07-08
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 66