VALIDITAS MODUL PEMBELAJARAN SISTEM TRAINER AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Anggita Mayang Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Firman Yasa Utama Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang dari penelitian yang dilakuakan berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMKN 2 Surabaya, dimana belum adanya bahan ajar modul  sistem trainer audio video  untuk mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Tujuan dibuat modul karena melalui modul siswa dapat melakukan pembelajaran secara mandiri dengan langkah-langkah yang ada dalam modul. Dari hasil observasi peneliti maka perlu dikembangkan bahan ajar berupa modul untuk sistem trainer audio video. Peneliti mempunya tujuan yaitu modul yang dikembangkan bisa  menjadi alat bantu ajar yang mampu membantu siswa untuk belajar. Penilian kevalidan ditentukan oleh  9 validator ahli meliputi 3 ahli bahasa, 3 ahli materi dan 3 dosen ahli desain. Penelitian ini menggunakan 3 langkah penelitian, yaitu sebagai berikut: Tahap Analisis, Tahap Desain dan Tahap Pengembangan. Hasil penelitian untuk aspek kevalidan dengan rata-rata skor 4,52 kategori sangat valid dan skor rata-rata presentase sebesar 91,66% kategori sangat layak. Setelah melihat hasil dari penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa bahan ajar berupa  modul yang dikembangkan sangat valid dan sangat layak yang dapat digunakan untuk membantu proses belajar siswa.

 

Kata kunci: Modul, Audio, Video, Presentase, Validitas,Valid.

References

1. Riduwan. 2012. Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
2. Sistem Informasi Akademik Unesa Terpadu. 2020. “Pengumuman Nilai Kelistrikan Otomotif.” Retrieved November 22, 2020 (siakadu.unesa.ac.id).
3. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Research and Development. Bandung: Alfabeta.
4. Widoyoko, Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2022-08-05
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 55