Penerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI Sukodadi Lamongan

  • ANDI RAHMAT SYAIFULLAH S1 Pendidikan Teknik Mesin FT Unesa
Keywords: Penerapan Model Pembelajaran PBI, Prestasi Belajar.

Abstract

Dalam upaya peningkatan kualitaspembelajaran, pemilihan berbagai model,strategi pendekatan dan teknik pembelajaranmerupakan hal utama yang harusdiperhatikan oleh guru. Untukmengoptimalkan proses pembelajaran,peneliti mencoba menerapkan modelpembelajaran berdasarkan masalah (ProblemBased Instruction/PBI)) dengan harapanpenerapan model pembelajaran ini dapatmeningkatkan sikap, minat, aktifitas sertahasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan PTK(Penelitian Tindakan Kelas), bertujuanmenganalisis hasil belajar dan respon siswa.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XTKR I SMK Pgri Sukodadi Lamongan,sedangkan obyek penelitian adalah perangkatdan proses pembelajaran serta evaluasi hasilbelajar siswa. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode deskripsi kualitatifdan deskripsi kuantitatif dengan instrumenpenelitian berupa tes formatif siswa, lembarangket respon/sikap dan minat belajar sertalembar observasi aktifitas siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa penerapan model pembelajaran PBIdapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Sesudah dan sebelum diterapkannya PBI, inidibuktikan dengan Rerata nilai siswa dari 83menjadi 93. Respon belajar siswa 84%, minatbelajar 83% dan keaktifan 80%.

Published
2012-08-30
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 109