STUDI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK ALIRAN PADA AIRFOIL NACA 0015

  • JUMADI S1 Pendidikan Teknik Mesin FT Unesa
Keywords: Reynolds Number, angle of attack, koefisien tekanan (Cp), dan profil kecepatan.

Abstract

Salah satu hal yang sangat menarik untuk dikaji dalam karakteristik aliran adalahdistribusi tekanan sepanjang permukaan kontur dan profil kecepatan dibelakang kontur.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Benda uji yang digunakan adalahairfoil NACA 0015 dengan panjang chord (c) 77 mm dan panjang span 370 mm serta letakketebalan maksimum pada x/c = 0,2. Untuk mengetahui distribusi tekanan pada kontur makadipasang pressure tap disepanjang permukaan kontur dengan jumlah 29 pressure tap. Alat yangdigunakan untuk mengukur profil kecepatan menggunakan pitot tube. Pengujian dilakukan padawind tunnel jenis terbuka dengan ukuran test section 450 x 350 mm2. Untuk pembacaan hasilpengukuran maka digunakan manometer jenis V dengan sudut 7o. Hasil penelitian menunjukkanbahwa distribusi tekanan dengan angle of attack ( pada Cp minimumsebesar -1,333 dengan posisi separasi pada titik 0,65. Pada Cp minimumsebesar -1,375 dengan posisi separasi pada titik 0,71. Pada Cp minimumsebesar -1,396 dengan posisi separasi pada titik 0,78. Pada angle of attack ( untuk sisiupper side terjadi nilai Cp minimum yang lebih besar dan letak titik separasi yang lebih mundurdari . Sementara untuk sisi lower side terjadi distribusi tekanan yang lebih besar danaliran cenderung mengikuti kontur. Dengan angle of attack ( , untuk sisi upper sideterjadi nilai Cp minimum yang lebih besar dari , tetapi letak titik separasiterjadi lebih awal. Untuk profil kecepatan dengan angle of attack ( , didapatkanhasil seiring meningkatnya Reynolds number didapatkan lebar wake yang lebih sempit.Sedangkan Dengan angle of attack ( , seiring meningkatnya Reynolds numberdidapatkan lebar wake yang lebih besar
Published
2012-08-30
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 54