PENERAPAN LKPD BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF (TDO) KELAS X TKR 2 SMKN 7 SURABAYA

  • Dayan Priyambogo Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

abstrak

Pendidikan merupakan media belajar pengetahuan, maupun skill keterampilan yang terjalin dari satu generasi kegenarasi seterusnya melalui pembelajaran. Kenyataan dilapangan mata pelajaran teknik dasar otomotif di kelas X TKR 2 kegiatan pembelajaran sering mengalami kendala karena model pembelajaran yang di gunakan kurang efektif dan peserta didik cenderung jenuh dan bosan dengan metode ceramah. Hal tersebut berdampak pada kurangnya kamampuan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Problem Based Learning mampu meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan mampu meningkatkan hasil belajar perserta didik mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) kelas X TKR 2 SMKN 7 Surabaya. peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas di lakukan 2 siklus dengan subjek peserta didik kelas X TKR 2 SMK Negeri 7 Surabaya yang berjumlah 37 dan Tenik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, pemberian tes dan dokumentasi data yang diperoleh saat penelitian di Analisa secara deskriptif. Peningkatan hasil pada pembelajaran murid mata pelajaran teknologi dasar otomotif kelas X TKR2 SMKN 7 Surabaya dapat di lihat dari data rata - rata tabel pada bab IV yang mengalami kenaik yang cukup tinggi, pada siklus I nilai rata – rata kelas tuntas 38% setelah di lakukan tindakan mengalami kenaikan pada siklus II nilai rata – rata tuntas 78% dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 40% dari hasil tersebut menunjukan bahwa hasil belajar siswa sudah mencapai indicator yang di harapkan dari pihak guru dan peneliti.

Kata Kunci : Problem based learning, PTK skill berfikir kritis, hasil pembelajaran.

References

1. Almuqsithu, Asy Syahiidu dan Arsana, I Made. 2017.
2. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran TDO Kelas X Di SMK Dharma Bahari Surabaya. JPTM. Volume 06 Nomor 01 Tahun 2017,
3. 191-196
4. Amirulloh, Wahyu., & Arsana, I Made. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Di SMKN 2 Sampang. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, 10(03), 79-84.
5. Arifin, Zaenal & Adhi Setiyawan. (2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Creative
6. Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni.
7. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
8. Ariyanto, R. Sudirman dkk. (2020). Problem Based Learning and argumentation sebagai solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK.Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang
9. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6 (2). Ariyanto, S., Lestari, I., Hasanah, S., Rahmah, L., & Purwanto, D. (2020). Problem Based Learning dan Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di

10. Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2)
11. Ariyanto, S. R., Munoto, & Muhaji. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Terhadap Hasil Belajar Siswa Smkn 1 Jetis Mojokerto Ditinjau Dari Keterampilan Kolaborasi (Universitas Negeri Surabaya).
Arsana, I Made, Susila, I Wayan, Hidayatullah, Rachmad Syarif, dan Ariyanto, Sudirman Rizki. 2019 Implementation of Troubleshooting Teaching Method to Develop Student’s Competency in Conducting Motorcycle Tune-up International Conference on Education, Science and Technology 2019 IOP Publishing Journal of
13. Physics: Conference Series 1387(2019) 012096 doi:10.1088/1742- 6596/1387/1/012096.
14. Asnur. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-2 SMAN Konsel Pada Materi Pokok Hidrosfer Dan Dampaknya Kehidupan. Kendari: Universitas Halu Oleo.
15. Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
16. Heru Raharjo, M.Khairudin, & Jamil Abd Baser.
17. (2018). The Influence of Problem-Based Learning and Direct Teaching on Student’s Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Vol. 24, Nomor 1, Mei 2018).
18. Khoiriah, Henny Nur Lailli dan Arsana, I Made. 2017.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM Pada Kompetensi Besaran & Satuan Di SMK Dharma Bahari Surabaya. JPTM. Volume 6 Nomor 2 Tahun 2017, 81-88.

19. Khoiriyah, Afifatul. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Melalui Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) Kelas XI TKJ Di SMK Negeri 1 Sine. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
20. Kurnianto, Bagus dan Arsana, I Made. 2020 Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Critical Thingking Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X Tkr 1 Di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung.
21. Liu, Min. (2005). Motivating Students Through Problem-based Learning. Diakses dari http://coporate.sullivan.edu. Pada tanggal 11 Juni 2018, jam 22.15 WIB.
22. Muhammad Nurtanto & Herminanto Sofyan. (2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Peserta didik di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi (Vol. 5, Nomor 3, November 2015).
23. Priyasudana, Danang dan Cholik, Mochamad.
24. 2016
25. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Boyolangu, Tulungagung. JPTM. Volume 04 Nomor 03 Tahun 2016, 34-42.
26. Romadhani, M.Misbakhur dan Arsana, I Made. 2016.
27. Penerapan Metode Belajar Kooperatif Jigsaw Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kompetensi Memahami Sistem Rem Konvensional Siswa Kelas XI TSM Di SMK Siang Surabaya. JPTM, Vol. 05, No.01, pp. 100-103.
28. Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
29. Yusuf, Ahmad., & Arsana, I Made. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif (TDO) Pada Siswa Kelas X TKR 1 Di Smk Negeri 1 Mojokerto. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, 07(02), 35-40
30. Zuryanty., Kenedi A. K., Chandra, R., Hamimah., & Fitria, Y. (2019). Problem Based Learning: A Way To Improve Critical Thinking Ability Of Elementary School Students On Science Learning. Journal of Physics: Conference Series 1424,012037.
Published
2023-02-20
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 15