PENERPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC SISWA KELAS XII TPM 2 DI SMK PGRI-4 SURABAYA
Abstract
Pendekatan teacher centred yang sering digunakan guru dalam materi belajar CNC kelas XII TPM 2 di SMK PGRI-4 Surabaya membuat siswa cenderung pasif, kurang komunikatif, dan sebagian besar capaian pembelajaran murid terbilang kurang sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum. Target capaian studi eksperimental ini ditujukan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan capaian pemahaman materi murid. Secara teknis metode ini melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), dan mengaplikasikan tampilan materi belajar kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TPM 2 SMK PGRI-4 Surabaya. Lembar observasi, dan soal pre-test dan post-test digunakan sebagai Instrumen utama Penelitian ini. Analisis deskriptif dan uji N-Gain Score merupakan jenis Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Target capaian penelitian ini menunjukan nilai efektivitas yang tinggi dalam media peningkat kemampuan dasar berupa komunikasi bagi murid kelas XII TPM2 SMK PGRI-4 Surabaya.
References
2. Dewanto, & Hendrik. (2020). Membekali Kemampuan Abad 21 Siswa SMK Di Era Revolusi Industri 4. 0 (Vol. 10, Issue 01).
3. Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. jurnal ilmiah edunomika, 2(01). doi: 10.29040/JIE.V2I01.175
4. Suharsimi Arikunto. (2008). PTK.
5. Riduwan, Buchari Alma, & Akdon. (2013). Rumus dan data dalam aplikasi statistika : untuk penelitian. Jakarta: Alfabeta, 2006
6. Hake Richard. (1999). Analyzing Change/gain scores
PDF Downloads: 29