KULTUR SEKOLAH BERBASIS ADIWIYATA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MENGUATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

  • Dimas Nur Isa Prahesti Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kultur Sekolah, Peduli Lingkungan, Program Adiwiyata

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh manusia yang merusak lingkungan dan pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan masih harus ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kultur sekolah berbasis Adiwiyata yang telah diterapkan di SMK Negeri 2 Buduran dalam menguatkan karakter peduli pada warga sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah, tim adiwiyata, guru, karyawan, dan peserta didik SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,,wawancara dan dokumentasi menggunakan teknik snowball sampling. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data (data reduction), penyajian datai, (data display), verifikasi/kesimpulan (conclusion drawing). Keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kultur sekolah berbasis adiwiyata yang meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengondisian, edukatif, partisipatif dan berkelanjutan dapat menguatkan karakter peduli lingkungan, pada warga sekolah. Namun masih ada beberapa program yang belum berjalan dengan baik dan perlu adanya peningkatan agar lebih optimal. Faktor penunjang dalam pengembangan kultur sekolah berbasis Adiwiyata SMK Negeri 2 Buduran adalah adanya visi dan misi sekolah yang mengedepankan sikap peduli lingkungan serta warga sekolah yang saling mendukung dan bekerjasama. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu masalah dana dimana anggarannya terbatas untuk program Adiwiyata ini.

Kata Kunci: Kultur Sekolah, Peduli Lingkungan, Program Adiwiyata.

References

1. Akinyemi, T. O., & Ramonu, O. J. (2019). Mitigation of CO2 Emissions in Transportation and Industrial Processes using Renewable Energy Technologies. European Journal of Engineering Research and Science, 4(5), 58–66. https://doi.org/10.24018/ejers.2019.4.5.1118
2. Arsana, I. M., Irfai, M. A., & Kurniawan, W. D. (2021). Study on Car Emission Level in Big City and Its Prevention : Evidence from Surabaya , Indonesia. 44(11), 89–95.
3. Faidy, A. B., & Arsana, I. M. (2014). Hubungan Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Ambunten Kabupaten Sumenep. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2, 454–468. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/download/7842/3750
4. Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
5. Ismia, Nurhalisa, I., & Alwan. (2020). Penerapan Kebijakan Pendidikan Budaya dan Karakter di Sekolah. Jurnal Mappesona, 3(3). https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/download/1802/953
6. Junistira, D. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 533–540. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.440
7. Kurnianto, B., & Arsana, I. M. (2020). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Critical Thingking Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X Tkr 1 Di Smkn 3 Boyolangu Tulungagung. Jptm, 9(3), 99–107. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/download/35167/31288
8. Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
9. Nur, M., Farida, P., & Si, M. (2017). ( SEKOLAH EFEKTIF ) DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh :
10. Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
11. Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2020). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155–164. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334
12. Prasetyo, K., & Hariyanto. (2018). Pendidikan lingkungan Indonesia : dasar pedagogi dan metodologi. PT. Remaja Rosdakarya.
13. Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
14. Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 13(1), 67. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.133
15. Saputri, R. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Bakalan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(8), 424–433.
16. Sasikumar, R., & Sankaranarayanan, G. (2019). A study of emission & performance characteristics of diesel engine run by dual fuel (bio diesel + acetylene gas). Journal of Mechanical Engineering Research and Developments, 42(1), 104–108. https://doi.org/10.26480/jmerd.01.2019.104.108
17. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. In Bandung:Alfabeta. (6 ed.). Alfabeta.
18. Winataputra, & Sri. (2017). Pedoman Umum Penggalian dan Perwujudan Nilai Akhlak Mulia Bagian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Published
2023-06-22
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 33