PENGEMBANGAN MODUL COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS DI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Permasalahan di kelas perpindahan panas jurusan teknik mesin didapatkan bahwa mahasiswa masih banyak yang belum mengenal CFD dan kebingungan dalam mempelajari CFD untuk melakukan analisa numerikal perpindahan panas dikarenakan masih belum adanya bahan ajar yang menjadi acuan dalam pembelajaran. Dengan permasalahan tersbeut, penelitian ini berfokus pada melakukan pengembangan modul CFD untuk melakukan studi simulasi komputasi pada mata kuliah perpindahan panas. Berdasarkan tujuan, penelitian ini menggunkana jenis penelitian R&D (research and development) yang mengacu pada model pengembangan 4D: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan diseminasi (disseminate). Teknik analisis data yang digunakan termasuk dalam statistik deskriptif dimana data yang telah dihitung dilakukan analisa. Setelah dilakukan validasi ke ahli aspek materi, bahasa dan desain, pengumpulan data kualitatif dilakukan kemudian diolah menjadi data kuantitaif yang tersusun di rekapitulasi validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul secara keseluruhan dinyatakan layak dengan presentase sebesar 88,10% setelah dihitung rata-rata dari penilaian validator ahli

References

1. Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(01).
2. Aisyah, N., & Purwoko, P. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Modul. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(5), 393–400.
3. Akmal, S., ZA, N., & Ishak. (2019). Analisa Profil Aliran Fluida Cair dan Pressure Drop Pada Pipa L Menggunakan Metode Simulasi Computational Fluid Dynamic. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 8(1), 97. https://doi.org/10.29103/jtku.v8i1.3396
4. Ariyanto, S. R., I Made Arsana, & Ulum, R. (2019). Pengembangan Modul Radiator Trainer Untuk. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 4(2).
5. Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN, 2(2), 82. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994
6. Lian, B. (2019). Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri, 100–106.
7. Nurjawahir, K., Safuan, & Alhabshy, M. A. (2022). Penerapan Sistem Kuelap Dalam Transformasi Koperasi Berbasis Digital. Cakrawala Ilmiah, 1(12).
8. Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Nugroho, A. G. (2021). Pengembangan Modul Trigonometri untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 15. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3375
9. Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
10. Rozhana. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Potensi Daerah Malang Kelas IV Semester II dengan Tema Tempat Tinggalku. Universitas Negeri Malang.
11. Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13
12. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
13. Sulistianingsih, D., Setiawan, A., & Prabowo, M. S. (2021). Potret Tumpuan Perguruan Tinggi dalam Upaya Alih Teknologi. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2). https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.722
14. Thiagarajan, S., Dorothy, S., & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. National Center for Improvement of Educational Systemiversity of Minnesota.
15. Winkel. (1991). Psikologi Pengajaran. PT Grasindo.
Published
2023-06-20
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 92