PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF
Keywords:
Media, MindMapping, LearningOutcomesAbstract
Siswa berkembang secara intelektual, emosional, dan spiritual melalui pendidikan mereka. Pendidikan adalah proses yang terkait langsung dengan banyak komponen sistem, termasuk guru, siswa, kurikulum, sumber daya, dan infrastruktur. Tersedianya media dapat menjelaskan materi pelajaran yang dipelajari, meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, media memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Media terbaik diantara sekian banyak media yang tersedia adalah media mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan alat mind mapping berdampak pada hasil belajar siswa pada bidang dasar teknik otomotif. Penelitian ini menggunakan pretes dan postes non-ekuivalen serta penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Hasil uji T penelitian ini menunjukkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel (5,499>2,036), hal ini menunjukkan bahwa Ha2 yang menyatakan bahwa media pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diterima dengan pengaruh yang signifikan sebesar 29,32%
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

