KEEFEKTIFAN WORK PREPARATION SHEET SEBAGAI EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT PEMESINAN BUBUT DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • MOHAMAD RIZQI ARDIANSYAH UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Yunus Yunus UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan WPS terhadap praktik membubut peserta didik dengan menggunakan pembelajaran WPS. Serta untuk mengetahui nilai respon peserta didik yang menggunakan media WPS pada praktik pemesinan bubut di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pretest – posttest group design dengan membandingkan subjek eksperimen dengan subjek kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Sidoarjo dengan jumlah 64 peserta didik. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan random class sampling, Pengumpulan data diperoleh dari hasil praktik membubut peserta didik dengan hasil, (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan work preparation sheet terhadap praktik membubut peserta didik dengan menggunakan work preparation sheet dan tidak menggunakan work preparation sheet ditunjukkan dengan harga t hitung lebih besar daripada t tabel (th: 3,094 > tt: 2,021) pada taraf signifikan 5%. (2) Penggunaan work preparation sheet efektif pada praktik membubut peserta didik yang diajar dengan menggunakan work preparation sheet, ditunjukkan dengan nilai gain score sebesar 0,76. (3) Respon peserta didik terhadap pemanfaatan work preparation sheet dalam pembelajaran praktik membubut masuk dalam kategori sangat baik.

Kata Kunci: Keefektifan, Work Preparation Sheet, Hasil Belajar, Respon

References

1. Indriawan, Asep Tri. 2013. Pengaruh Penggunaan Work Preparation Sheet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Membubut Pada Mata Diklat Praktik Pemesinan Di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
2. Sukardi, Thomas. 2009. Penerapan Work Preparation Sheet Dan Intensitas Pendampingan Pada Capaian Prestasi Praktik Pemesinan Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin FT-UNY. Penelitian Dosen Tahunan UNY 2009.
3. Asrul, dkk. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
4. Hadiansyah, Eko Nur, dkk. 2017. Uji Banding Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Saintifik Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Di Kelas Xi Smkn 1 Trenggalek. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Malang.
5. Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
6. Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
7. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
8. Sofyan, Herminarto, dkk. 2016. Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMK. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
9. Disman, dkk. 2020. Peningkatan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Animasi Analisis Grafis. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
10. Supriyono. (2008). Penggunaan Work Preparation Sheet Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa Tingkat III Pada Pelaksanaan Uji Kompetensi Praktik Membubut Dan Mengefrais Program Keahlian Teknik Pemesinan Bidang Keahlian Teknik Mesin Smk Negeri 2 Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta.
11. Taufiq Rochim. (1993). Teori dan Teknologi Pemesinan. Higher Education Development Suport Project.
12. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
13. Uzer Usman. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
14. Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia.
15. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
16. UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Published
2023-07-28
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 30