PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAS METAL ARC WELDING (GMAW) KELAS XI SMK SEMEN GRESIK

  • Ahmad Afif Afandi Universitas Negeri Surabaya
  • Djoko Suwito Universitas Negeri Surabaya
Keywords: media pembelajaran, Pendidikan, validitas, Teknik Pengelasan

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah sesuatu kegiatan yang harus didapatkan oleh setiap manusia. Dalam Pendidikan kita diajarkan tentang pengetahuan dan keterampilan, Pendidikan juga sangat berkembang dalam hal pengetahuan dan teknologi, kini sistem Pendidikan di dunia memasuki era baru dimana sistem pendidikan yang berorientasi media elektronik. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam pendidikan tentu saja akan menciptakan sistem pembelajaran yang berorientasi pada teknologi, khususnya media pembelajaran. untuk tercapainya proses pembelajaran yang baik media pembelajaran harus bisa dikatan layak untuk diajarkan kepada siswa. Untuk mendapat hasil media pembelajaran yang baik dibutuhkan validitas yang layak, untuk membantu mendapat validitas yang layak peneliti memakai jenis pengembangan R&D dengan model pengembangan peter fenrich. Penelitian ini berfokus pada 2 hal penting yakni materi dan media. Hasil uji kelayakan dari aspek materi mencapai angka 96%, kemudian hasil uji kelayakan dari aspek media mencapai angka 95%. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pada kedua aspek tersebut, video pendukung pembelajaran tergolong sangat sesuai dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran teknik pengelasan GMAW.

References

Depdiknas. (2003). Depdiknas (2003) tentang Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. 4, 147–173.
Susilawati, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Tajinan. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 389–394.https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1392
Falah, A. N. E., & Arsana, I. M. (2023). Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline Untuk Materi Perpindahan Panas Siswa Smk Negeri 1 Driyorejo. JPTM Unesa, 12(02), 20–24.
Nur, A., Falah, E., & Pramono, A. (2023). Development Of Learning Modules On The Basic Materials Of Autocad 3d Drawing For Class XII Tpm At Smkn 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 23(1), 32–36.
Pangestu, P. D., Pembudi, R. G., Falah, A. N. E., Wijaya, A. S., Mustafa, A., & Achmad, F. (2022). Potensi Penggunaan Video Scribe Dalam Optimalisasi Pembelajaran Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 4(1), 36–40. https://doi.org/10.26740/jvte.v4n1.p36-40
Fenrich, P. (2005). What Can You Do To Virtually Teach Hands-on Skills? Issues in Informing Science and Information Technology, 2, 347–354. https://doi.org/10.28945/833
Iskandar, K.B. dan Arsana, I.M. 2021. Pengembangan Modul Car Air Filter Paper Press Mata Kuliah Praktik Motor Bensin Teknik Mesin Unesa. JPTM Unesa, 11(01), pp. 107–111.
Apriliasari, A.Y. dan Arsana, I.M. 2016. Pengembangan Modul Oil Cooler Trainer Untuk Menunjang Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa D3 Teknik Mesin Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 5(01), pp. 72–79.
Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210.
Published
2023-11-13
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 7