PENERAPAN MPK TIPE STAD (Student Teams Achievement Divisions ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA XI TKR SMKN 3 BUDURAN-SIDOARJO

  • ROCHMATUL LAILIYAH S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Sistem Pengapian Konvensional, , Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Respon Siswa.

Abstract

Abstrak
Pendidikan mempunyai peranan penti ng dalam kemajuan bangsa dan negara. Maju tidaknya
perkembangan di suatu negara pada masa yang akan datang dapat dilihat dari bagaimana
pendidikan mampu membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Salah satu
komponen yang penting dalam pelaksanaa n pendidikan adalah bagaimana meningkatkan
kualitas pembelajarannya. Dari proses pembelajaran di SMKN 3 Buduran yang telah ada,
pengajar menyampaikan materi menggunakan model pembelajaran ceramah. Siswa pada
umumnya hanya menghafal informasi yang diperoleh , sehingga konsep yang tertanam kurang
begitu kuat. Dari model yang diterapkan pengajar selama ini, hasil belajar yang dicapai kurang
optimal dan keaktifan siswa juga terlihat kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar respon yag ditunjukkan, tingkat aktivitas belajar dan hasil belajar
siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran
sistem pengapian konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ti ndakan kelas (Classroom Action Research), di mana
setiap siklus mempunyai tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data
yang diperoleh dari penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif kualitatif,
sedangkan instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengamatan
aktivitas siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar tes hasil belajar, dan
angket siswa.
Hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara berturut -turut
yaitu siklus I sebesar 63,5%, siklus II sebesar 84% dan siklus III sebesar 92%. Untuk hasil
aktivitas siswa kategori berdiskusi pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut -turut 31,05%,
51,05%, 75,5%. Sedangkan untuk kategori perilaku yang tidak relevan menurun dari siklus I , II
dan III yakni 64,4%, 47,75%, 34,4%. Kemudian untuk hasil belajar siswa mengalami
peningkatan di tiap siklusnya yakni sebesar 59,5%, 86,48%, 91,89%. Untuk respon siswa
menunjukkan hasil yang sangat baik setelah diterapkannya MPK tipe STAD yakni 78,07%.
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Sistem Pengapian Konvensional, , Aktivitas Siswa,
Hasil Belajar, Respon Siswa.
Published
2012-11-12
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 29