PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achievement Division ) PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENDINGIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

  • NOVI Indah INDAH RIANI S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Univers itas Negeri Surabaya
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Sistem Pendingin, Pengelolaan Pembelajaran, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar siswa, dan Respon Siswa.

Abstract

Abstrak
Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya
manusia khususnya Indonesia untuk pembangunan bangsa. Salah satu komponen yang penting
dalam sistem pelaksanaan pendidikan adalah bagaimana meningkatkan kualitas
pembelajarannya. Berdasarkan proses pembelajaran di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo yang
telah ada, pengajar menyampaikan materi menggunakan model pembelajaran langsung. Pada
umumnya, siswa mendengarkan dan menghafal informasi yang diperoleh dari guru, sehingga
konsep yang tertanam kurang begitu kuat. Dari model yang diterapkan pengajar selama ini, hasil
belajar yang dicapai kurang optimal dan keaktivan siswa juga terlihat kurang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar respon yang ditunjukkan siswa, tingkat aktivitas
belajar siswa selama KBM berlangsung , peranan guru dalam mengelola kelas, dan
meningkatkan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe
STAD pada mata pelajaran sistem pendingin.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research), di mana setiap siklus mempunyai tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi
dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian nantinya dikumpulkan dan dianalisis secara
deskriptif kualitatif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar
pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar tes hasil
belajar, dan angket respon siswa.
Hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara berturut -
turut yaitu siklus I sebesar 63,3%, siklus II sebesar 83,3%, dan siklus III sebesar 94%. Untuk
hasil aktivitas siswa kategori berdiskusi pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut -turut
14,8%, 15,3%, dan 15,8%. Sedangkan un tuk kategori perilaku yang tidak relevan menurun dari
siklus I, II dan III yakni 9%, 5%, dan 1%. Kemudian untuk hasil belajar siswa mengalami
peningkatan di tiap siklusnya yakni sebesar 56,8%, 78,4%, dan 91,9%. Untuk respon siswa
menunjukkan hasil yang sangat baik setelah diterapkannya MPK tipe STAD yakni 87%. Hal ini
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD cukup berpengaruh
untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Sistem Pendingin, Pengelolaan Pembelajaran,
Aktivitas Siswa, Hasil Belajar siswa, dan Respon Siswa.
Published
2012-11-12
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 25