PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING SUITE PADA MATERI SISTEM EFI MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR SMKN 1 JABON

  • Muhammad Gilang Amanulloh Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Nurjannah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan kejuruan merupakan suatu bentuk pendidikan menengah yang menitikberatkan pada pengembangan keterampilan peserta didik dalam tugas-tugas tertentu. Untuk mencapai tujuan ini, peserta didik diajarkan untuk terlibat dengan lingkungan sekitar melalui simulasi pengalaman industri dalam komunitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan penggunaan bahan pembelajaran berbasis PowerPoint yang dibuat dengan ispring suite untuk pengajaran sistem EFI pada PKKR kelas XI TKR SMKN 1 JABON. Evaluasi akan dilakukan oleh ahli materi pelajaran, ahli media, dan ahli bahasa, serta mencakup analisis tanggapan peserta didik terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini mengikuti model R&D yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Penelitian ini melibatkan 15 orang peserta didik kelas XI TKR 2. Temuan penelitian sebagai berikut: (1) hasil validasi ketiga ahli memuaskan, ahli materi memberikan skor 90,27 (memuaskan), ahli media memberikan skor 88,75 (memuaskan), dan ahli bahasa memberikan skor 89,81 (memuaskan). Setelah tahap validasi, dilakukan pengumpulan data untuk mengumpulkan tanggapan peserta didik. (2) Respon peserta didik terhadap materi pembelajaran memperoleh skor 88,88 yang menunjukkan penilaian sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran berbasis PowerPoint yang dibuat dengan ispring suite untuk pengajaran sistem EFI di kelas PKKR telah menunjukkan kelayakan yang sangat baik dan telah diterima dengan baik oleh peserta didik.

References

1. Akbar, iqbal pratama fajar. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI TEORI MASUKNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDHA DI INDONESIA UNTUK KELAS X SMK NEGERI 1 JABON.
2. Harahap, M., & Siregar, L. M. (2018). Mengembangkan Sumber dan Media Pembelajaran. Educational, January, 2–3.
3. Kusuma, N. R., Mustami, muh. K., & Jumadi, O. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif power point ispring suite 8 pada konsep sistem ekskresi di Sekolah Menengah Atas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://eprints.unm.ac.id/9707/.
4. Pinandhita, satria wahyu. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EFI MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 JABON (Vol. 01).
5. Rahmani, N. F. (2014). Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Pembelajaran Wayang Untuk Siswa Smp Kelas Viii D.I. Yogyakarta.
Published
2024-06-26
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0