PENGARUH PENGUASAAN MATA DIKLAT PRODUKTIF DAN MINAT SISWA TERHADAP NILAI PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI SMK ISLAM SEKARAN LAMONGAN

  • MOH SUGIONO S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Penguasaan Mata Diklat Produktif, Minat Siswa, Nilai Praktik Kerja Industri, Triangulasi

Abstract

Abstrak
Praktik kerja industri merupakan bagian dari Pendidikan Sistem Ganda yang dilakukan oleh
sekolah-sekolah kejuruan. Meningkatnya prestasi praktik kerja industri siswa tercermin pada nilai yang
baik. Nilai tersebut diperoleh dengan perpaduan dari faktor afektif, kognitif dan psikomotorik di setiap
siswa. Faktor kognitif dalam penguasaan pengetahuan yang diperoleh siswa diimplikasikan kedalam
faktor psikomotorik dalam praktik kerja industri dan didorong oleh minat atau keinginan siswa dalam
mengikuti praktik kerja industri sangat berpengaruh dalam nilai praktik kerja industri dalam program
pendidikan sitem ganda di SMK Islam Sekaran Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif yang didukung dengan data-data kuantitatif. Data-data kuantitatif yang dimaksud adalah nilai
mata diklat produktif, nilai minat siswa, dan nilai praktik kerja industri. Dari data tersebut siswa
dibedakan menjadi 9 kelompok dimana akan diambil 1 dari tiap kelompok untuk diwawancara. Hasil
wawancara akan di uji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi teknik/metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 9 siswa yang di wawancara menyatakan adanya pengaruh
penguasaan mata diklat produktif dan minat siswa terhadap praktik kerja industri. triangulasi metode
yang digunakan pada pnelitian ini adalah regresi ganda. Hasil perhitungan triangulasi adalah Y = 3.8343
+ 0.4758 X1 + 0.0009402 X2 menunjukkan bahwa pengaruh penguasaan mata diklat produktif lebih besar
daripada minat siswa terhadap nilai praktik kerja industri.
Kata Kunci : Penguasaan Mata Diklat Produktif, Minat Siswa, Nilai Praktik Kerja Industri, Triangulasi
Abstract
Industry practice is part of the Dual System of Education conducted by vocational schools.
Increasing student achievement is reflected in the industry working practices at a good value. This value
is obtained by a combination of factors affective, cognitive and psychomotor in each student. Cognitive
factors in students' mastery of the knowledge gained into the factors implicated in psychomotor industry
work practices and driven by student interest or desire to follow the practice of industrial work was highly
influential in the value of industrial work practices in the education program at SMK double sitem Islam
Sekaran Lamongan. This research is a qualitative descriptive study, supported by quantitative data.
Quantitative data in question is the value of the productive training, student interest value, and the value
of the industry work practices. From these data the students are divided into 9 groups which would have
taken one from each group to be interviewed. The results of the interview will be tested its validity by
using triangulation techniques / methods.
The results showed that of the 9 students who in an interview stated the influence of productive
mastery training the eye and interest of students to the practice of industrial work. triangulation method is
used in multiple regression pnelitian. Triangulation calculation result is Y = 3.8343 + 0.4758 X1 +
0.0009402 X2 suggests that the effect of productive mastery training eye bigger than the interest of the
students of the value of industrial work practices.
Keyword : Productive Eye Training Mastery, Student Interests, Values Industry Employment Practices,
Triangulation
Published
2012-12-19
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 47