PEMBUATAN MODUL SISTEM PENGAPIAN PADA KOMPETENSI KEJURUAN MEMPERBAIKI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL

  • Chamim Chamim S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • A. Grummy Wailanduw Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Key word, Make a module, CD of learning, conventional ignition system module, study, result of study.

Abstract

ABSTRAK
Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan menggunakan modul, karena modul dinilai
lebih mudah dipelajari oleh pebelajar secara mandiri dirumah dan pembelajaran dengan menggunakan modul berfokuskan
penguasaan kompetensi dari bahan kajian yang dipelajari pebelajar dengan waktu tertentu sesuai dengan potensi dan kondisinya,
sehingga hasil belajar diharapkan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa
modul memperbaiki sistem pengapian konvensional yang disertai CD Pembelajaran sebagai pendukung yang layak digunakan
dalam kegiatan belejar mengajar. Adapun masalah yang dihadapi adalah bagaimana pembuatan modul yang disertai CD
pembelajaran pada kompetensi kejuruan memperbaiki sistem pengapian dan bagaimana penggunaan modul yang disertai CD
pembelajaran yang di aplikasikan pada siswa kelas XI TKR 2 SMK Negeri Kasiman dan siswa kelas XI TKR 3 SMK Negeri 2
Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan salah satu penelitian dalam rangka pembuatan perangkat modul yang disertai CD
Pembelajaran dengan judul memperbaiki sistem pengapian konvensional. Jenis penelitian ini mengadopsi model pengembangan
pembelajaran 4-D (Four-D Model) yang dibuat oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel (1974)
yang terdiri dari 4 tahap, yakni pendefinisian (define), desain (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate).
Kelayakan modul ditentukan oleh hasil validasi bidang bahasa oleh satu dosen ahli dan dua guru ahli, validasi bidang desain oleh
satu dosen ahli dan dua guru ahli, validasi bidang keteknikan oleh satu dosen ahli dan dua guru ahli dan validasi evaluasi
penilaian soal oleh satu dosen ahli. Setelah modul divalidasi dan diperbaiki/direvisi dilakukan penilaian modul pada 10 siswa
kelas XII TKR SMK Negeri Kasiman untuk mengetahui respon positif siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan
modul.
Hasil yang dicapai adalah telah terselesaikannya pembuatan sebuah modul memperbaiki sistem pengapian yang disertai
CD pembelajaran serta hasil validasi yang baik dan pengambilan data uji coba langsung pada 2 sekolah yang berbeda yang
mendapatkan hasil yang baik maka perangkat modul sistem pengapian konvensional yang disertai dengan CD pembelajaran
yang baik dan layak digunakan dalam kegiatan belajar siswa selanjutnya.
Kata Kunci: Pembuatan modul, CD Pembelajaran, modul memperbaiki sistem pengapian konvensional, belajar, hasil belajar
.ABSTRACT
The one of increasing learning quality is used module, because it (module) more easier to learn by learner with
self access centre in home and learning with it (module) to be focused on mastery competence from material study by
learner be based on time surely with potential and condition until the result of study be increase. The purpose of this
research is to produce of learning instrument in the form of conventional ignition system module at following CD of
learning. Wich used on learning and teaching activities. There is a problem to be presence of how to make module a
following CD of learning on vocational competence refer to repaired ignition system and how to used it (module) with
CD of learning. Wich the implementation at Kasiman vocational high school (specially second grade/TKR 2) and
Bojonegoro vocational high school (specialy second grade/TKR3).
This research is the one of frame work research to used the module instrument and CD of learningwith the title is
“repairing conventional ignition system”. This type of research to module of adoption development learning 4-D (four
D model) by Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S, Semmel and Melvyn I. Semmel 1974 is consist of four slep that is
define, design, develop and disseminate. The advisability module to be determines of result validity language division
by professional lecture and two professional teacher. Validity of design area by one professional lecture and two
professional teacher. Validity of technique area by one. Professional lecture and two professional lecture and two
professional teacher. And validity of evaluation scoring question by one lecture professional. After the validation
module and improvement/revition. To do that about scoring module on the student at kasiman vocational high school
for to know about the positive respon from student to learning activities used the module.
The achived result is had been finished a module about repairing ignition system with following CD of learning
is good. Validation result and to take experiment data directly at two school. Difference is to get good result. So the
module of conventional ignition system with following CD of learning is a good and prefer to used in the next learning
activities.
Key word : Make a module, CD of learning, conventional ignition system module, study, result of study.
Published
2014-01-15
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 25