PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP TINGKAT KERJASAMA SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TPM PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

  • ANDRI S1Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata kunci, Pembelajaran berbasis proyek, tingkat kerja sama

Abstract

Abstrak
Penelitian ini didasari tinjauan lapangan mengenai dunia kerja yang akan digeluti siswa-siswa
kejuruan, maka Pembelaran Berbasis Proyek mempersiapkan siswa bekerja secara efektif dalam dunia
kerja dibidangnya. Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran menggambar teknik
dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kerjasama dan hasil belajar siswa pada saat diberikan
pembelajaran berbasis proyek.
Desain penelitian ekperimen controlled group pre tes post test design, sampel penelitian diambil
acak dua kelas TPm 1 (kelas eksperimen) dan TPm 2 (kelas kontrol) dari populasi 4 kelas.
Hasil penelitian didapatkan pengelolaan pembelajaran sebesar 3,32 dalam kategori baik, aktivitas
siswa pada pembelajaran berbasis proyek yang paling dominan adalah adalah melakukan percobaan
merencanakan proyek, serta tingkat kerja sama siswa sebesar 0,139 dalam kategori baik dan adanya
pengaruh kerja sama siswa terhadap hasil belajar (13,90%). Dari uji-t satu pihak didapatkan thitung 19,708
>t tabel 2,75 berarti hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Respon siswa
sebesar 63,33% menunjukkan respon baik terhadap proses pembelajaran berbasis proyek.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, tingkat kerja sama
Abstract
This Research constituted by field evaluation concerning activity world to wrestle the vocational
students, hence learning Base on Project draw up student work effectively in the world of its area activity.
Applying of study base on the draw subject project technique done as a mean to know cooperation storey
level and result learn student at the time of given by study base on project
Desain research of pre and post tes controlled and ekperimen test design group, the sample taken
random two class of TPM 1 ( experiment class) and TPM 2 ( control class) of population 4 class.
Result of research got by management of study equal to 3,32 in good category, student activity at
study base on the project of most dominant to conduct attempt plan project, and also mount same activity
of student equal to 0,139 in good category and existence of influence from the same activity of student to
result learn ( 13,90%). From t-test one side got by T hitung 19,708 > t of tables of 2,75 meaning result
learn experiment class student better than control class. Student Respon equal to 63,33% showing respon
do well by study process base on project
Keyword: Study base on project, same activity story level
Published
2013-01-02
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 104