PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM PENGAPIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX TKR DI SMK NEGERI 3 BOJONEGORO

  • Andri Ferdiawan S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Cholik Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: keywords, Cooperative Learning Model STAD, Learning Outcomes Students.

Abstract

ABSTRAK
Setelah melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh hasil
pengamatan aktivitas kelompok siswa saling membantu antar teman satu kelompok, saling berbagi ilmu antar teman
satu kelompok dan aktif dalam berdiskusi, sehingga aktivitas kelompok selama proses pembelajaran mulai dari siklus I
dengan hasil rata-rata 3,1 kemudian pada siklus II mendapatkan rata-rata 3,4 sehingga mengalami peningkatan yaitu
sebesar 0,3%. Hasil pengamatan partisipasi siswa dalam kelompok siswa lebih aktif bertanya dan aktif dalam berdiskusi
kelompok, sehingga partisipasi siswa dalam kelompok selama proses pembelajaran mulai dari siklus I dengan hasil ratarata
3 kemudian pada siklus II mendapatkan rata-rata 3,3 sehingga mengalami peningkatan yaitu sebesar 0,3%. Hasil
belajar siswa meningkat karena aktivitas kelompok dan partisipasi siswa dalam kelompok terlaksana dengan baik,
sehingga terjadi peningkatan pada hasil belajar mulai dari siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 68,9 kemudian pada siklus
II nilai rata-rata siswa 83, jika diprosentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,56% dan seluruh
siswa dinyatakan tuntas karena telah mencapai nilai KKM dengan kelulusan klasikal 100%.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Siswa.
ABSTRACT
After doing research using STAD cooperative learning model obtained observations help each student group
activity among a group of friends, sharing knowledge among a group of friends and active in the discussion, so that the
activity of the group during the learning process starting from cycle 1 with an average yield of 3. 1 then the second
cycle to get an average of 3.4 to an increase in the amount of 0.3 %. observations of student participation in student
groups more active in asking questions and active discussion group, so that the participation of students in the group
during the learning process starting from cycle 1 with an average yield of 3 after the second cycle of getting an average
of 3.3 to an increase in the amount of 0.3 %. increased student learning outcomes as a group activity and participation
of students in the group to perform well, resulting in an increase in learning outcomes ranging from cycle 1 with an
average value is 68.9 then the second cycle of the average value of 83 students, if percentage learning outcomes
students has increased by 14.56 % and the rest of the students have been reached otherwise completed by graduation
classical KKM 100 % .
keywords: Cooperative Learning Model STAD, Learning Outcomes Students.
Published
2014-01-16
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 39