Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Untuk Menunjang Mata Pelajaran Kompetensi Kelistrikan Teknik Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI di Smkn 1 Jabon

Authors

  • Bagas Pandu Wibowo UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Media Pembelajaran, Tiktok, Pendidikan, Validasi

Abstract

Pendidikan menengah kejuruan (SMK) memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pendidikan nasional, dengan tujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, dan keterampilan siswa agar siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi sangat krusial, terutama dalam menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis TikTok yang dapat memfasilitasi pemahaman materi kelistrikan dengan cara yang lebih menarik, interaktif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan memanfaatkan platform yang populer di kalangan generasi muda, diharapkan media ini dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengembangan media pembelajaran, uji validasi oleh ahli materi dan media, serta analisis respon siswa terhadap penggunaan media tersebut. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa angket respon peserta didik dikategorikan sangat valid dengan rata-rata persentase 96%, yang menunjukkan bahwa media ini efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, analisis N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,706, yang termasuk dalam kategori tinggi. Temuan ini sejalan dengan pendapat para ahli yang menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis TikTok ini diharapkan dapat memberikan alternatif yang inovatif bagi guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta memfasilitasi pemahaman materi secara lebih mandiri dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Arifiani, T. A., & Sjaf, S. (2018). Analisis respon masyarakat terhadap pengelolaan dana desa untuk pembangunan pedesaan. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM]. https://doi.org/10.29244/jskpm.2.3.317-332

2. Muhammad Toha, dkk. (2022). Respon mahasiswa terhadap aplikasi TikTok sebagai salah satu media pengembangan media pembelajaran di Universitas Kabupaten Brebes. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 4.

3. Silva Widya Fitri. (2022). Analisis respon siswa terhadap penggunaan video TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 5, No. 1.

4. Sugiyono. (2013). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

5. Sagita Widi, dkk. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis TikTok pada mata pelajaran informatika kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Padang. Vol. 11, No. 2.

Downloads

Published

2024-12-25

Issue

Section

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 106 , PDF Downloads: 100