PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MATA PELAJARAN KDTM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TPM 4 SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Bayu Septian S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Soeryanto Soeryanto Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Key words, Cooperative Learning Model, the Model Student Teams Achievement Divisions, Research Action class.

Abstract

Abstrak Hasil data yang diperoleh di SMKN 7 Surabaya pada kelas XI TPM 4 tahun ajaran 2012/2013, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional.  Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah, terbukti nilai siswa pada mata pelajaran KDTM belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, dari 32 siswa hanya 10 siswa atau sebesar 31,25%. Peneliti mencoba melakukan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions yang dikembangkan oleh John Hopkin University yang terdiri dari 5 komponen utama, yaitu : presentasi kelas, kerja tim, kuis, skor perbaikan individual, dan penghargaan tim. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  (Classroom Action Research) dalam penerapan ini menggunakan 2 siklus. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran tipe  STAD untuk aktivitas kelompok mengalami peningkatan sebesar 90,47%, masuk pada kriteria prosentase sangat baik. Aktvitas siswa mengalami peningkatan sebesar 89,33%, masuk kriteria prosentase sangat baik. Hasil belajar setelah menggunakan Model pembelajaran  STAD mengalami peningkatan jumlah ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan nilai rata-rata 82,6, dengan jumlah keseluruhan siswa 25 siswa. Model pembelajaran STAD mendapatkan respon yang positif dari siswa dengan nilai prosentase sebesar 84,06%. Hambatan penggunaan model pembelajaran STAD adalah terbatasnya ruangan dan kurang terbiasanya siswa untuk bekerja secara kelompok. Kata kunci  : Model pembelajaran Kooperatif, Model Student Teams Achievement Divisions,  Penelitian          Tindakan kelas.  Abstract Results the data obtained in SMKN 7 Surabaya XI TPM 4 academic year 2012/2013, teachers are still using conventional learning model. This resulted in student learning outcomes to be low, as evidenced by the value KDTM on subjects students have not reached Minimum Compelete Criterion, of the 32 students only 10 students or of 31,25%. Researchers try to do focussed learning Student Teams Achievement Divisions developed by John Hopkins’ University that consists of five main components, namely: team work, class presentations, quizzes, score an individual improvement, and team awards. This type of research is Research Action class (Penelitian Tindakan Kelas) in this application use 2 cycle. This research Data analyzed by qualitative descriptive method. Research results by using a model of learning type STAD for activity groups experienced an increase of 90,47%, the percentage of criteria very well. Student activity experienced an increase of 89,33%, enter percentage criteria very well. Learning outcomes after using the Model of learning has increased the number of ketuntasan STAD classical by 100% with an average rating of 82.6, with the total number of students 25 students. Model learning positive response STAD of percentage values for students with 84,06%. Barriers to the use of the learning model is limited and STAD less terbiasanya students to work in groups. Key words  : Cooperative Learning Model, the Model Student Teams Achievement Divisions, Research   Action class.
Published
2014-01-21
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 196