PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN SISTEM PGM-FI PADA MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TSM 1 DI SMK SUNAN GIRI MENGANTI GRESIK

  • Khoirul Rohman S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Muliatna Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Learning Module, PGM-FI System of Motorcycle on Fuel System subject

Abstract

Abstrak   Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan membuat inovasi-inovasi baru selama proses belajar mengajar seperti penerapan modul sistem PGM-FI pada mata pelajaran sistem bahan bakar. Berdasarkan hasil informasi dari guru SMK Sunan Giri Menganti Gresik, menunjukkan bahwa materi tentang sistem PGM-FI merupakan salah satu materi yang sering dikeluhkan oleh siswa. Hal ini dikarenakan materi tersebut sulit dipahami siswa. Tidak adanya perangkat pembelajaran yang memadai seperi media modul juga menjadi salah satu faktor penyebab pembelajaran berlangsung kurang menarik dan membosankan sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan modul pembelajaran sistem PGM-FI pada mata pelajaran sistem bahan bakar. Kelas XI TSM 1 di SMK Sunan Giri Menganti Gresik. Penelitian  ini  menggunakan  penelitian  tindakan   kelas (PTK) atau yang bisa disebut Classroom  Action Research (CAR) dikatakan PTK karena penelitian dilaksanakan didalam kelas untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa pada proses pembelajaran menggunakan modul Sistem PGM-FI Sepeda Motor. Metode  penelitian yang digunakan menggunakan metode deskripsi kuantitatif, dengan instrumen pengambilan data penelitian berupa angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM 1 di SMK Sunan Giri Menganti Gresik semester gasal tahun ajaran 2013-2014.  Dari hasil penelitian dihasilkan: 1) Tes belajar siswa, baik kognitif maupun psikomotorik ditunjukkan tercapainnya ketuntasan belajar seluruh siswa 92,85% setelah mengikuti pembelajaran menggunakan modul. 2) Respon siswa terhadap modul tersebut menunjukkan respon yang positif didapatkan hasil sebersar 81,14%. 3) hasil belajar siswa pre-test dan post-test yang ditunjukkan dengan poresentase rata-rata sebesar 93,1% dalam kategori sangat baik. Kata kunci : Modul Pembelajaran, Sistem PGM-FI Sepeda Motor, pada Mata pelajaran Sistem Bahan Bakar  Abstract  THE IMPLEMENTATION OF PGM-FI SYSTEM LEARNING MODULE ON FUEL SYSTEM SUBJECT TO IMPROVE STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES IN CLASS XI TSM 1 OF SMK SUNAN GIRI MENGANTI GRESIK  Khoirul Rohman Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, University of Surabaya  One of the efforts to improve the quality of education is by creating new innovations during the learning process such as the implementation of PGM-FI system module on the fuel system subject. Based on the information results generated from teachers of SMK Sunan Giri Menganti Gresik, it indicated that the material on PGM-FI system is one of materials which oftenly considered as difficult material by the students. This is because the material is  hard to be understood by them. The absence of adequate learning equipments such as module also become one of the factors which makes the learning process less interesting and boring, thus resulting in the low outcomes of students learning. The purpose of this research is to improve students’ learning outcomes by using a PGM-FI system learning module on fuel system subject, in Class XI TSM 1 of SMK Sunan Giri Menganti Gresik. This study used action research (PTK) or in English called as Classroom Action Research (CAR). This study used PTK because it was  conducted in the classroom to determine the learning outcomes and students’ responses on the learning process during the use of PGM-FI System of Motorcycles module. The research methodology used in this study was quantitative description method, by using questionnaire to find out students’ responses and students’ learning outcomes as its research data collection instruments. The target in this study were students of class XI CMS TSM 1 in Sunan Giri Menganti Gresik, odd semester 2013-2014.  The research results generated: 1) Student's learning test, both cognitive and psychomotor showed that the mastery learning achievement of all students was 92.85% after using the study module. 2) The students’ responses toward module showed a positive response of 81.14%. 3) students’ learning outcomes of pre-test and post-test which were indicated by the average precentage of 93.1% in the excellent category.  Keywords: Learning Module, PGM-FI System of Motorcycle on Fuel System subject
Published
2014-01-21
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 24