PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ALAT PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ALAT UKUR MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENIN
Keywords:
Keywords, Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Hasil Belajar Siswa dan Alat Ukur
Abstract
Tujuan penelitian dalam penerapan metode pembelajaran adalah untuk meningkatan teknik pengukuran pada standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik pdi SMK Taman Siswa SurabayaPenelitian berjenis pengembangan ini mengacu model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) data hasil penelitian diambil menggunakan metode observasi melalui tes dan angket serta pengamatan aktifitas kemuddeskritif. Hasil penelitian diperoleh nilai sebelum penerapan konsep sdinyatakan belum tuntas. Sesudah penerapan konsep nilai ratapersentase ketuntasan 92% siswa dinyatakan tuntas. Aktifitas siswa pada fasemenunjukan siswa yang memperhatikan penjelasan materi guru sebesarbertanya kepada guru, 16% melakukan hal yang tidak relevan. Fasesiswa memperhatikan penjelasan materi, melakukan hal yang tidak relevan. Fasesebesar 71%, siswa bertanya pada guru sebesar 20tidak relevan sebesar 9%. Respon siswa menunjukan ratabeberapa pernyataan yang berkaitan dengan penerapan konsep pembelajaran sebesar 90,5%. The purpose of usingoutcomes, The process of learning subjects on Competency Standards Measurement Techniques Measurement Measure With Precision MeSurabaya is considered not optimally. The study used research methods 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) obtained will form the words and numbers. The instrument used was the observation sheet, questionnaire and test results of learning. ABSTRAK Tujuan penelitian dalam penerapan metode pembelajaran macromedia flasuntuk meningkatan hasil belajar siswa karena proses pembelajaran teknik pengukuran pada standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik pswa Surabaya selama ini dianggap belum maksimal. berjenis pengembangan ini mengacu model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) data hasil penelitian diambil menggunakan metode observasi melalui tes dan angket serta pengamatan aktifitas kemudian dianalisis dengan metode diperoleh nilai rata-rata kelas siswa X Teknik Pemesinansebelum penerapan konsep sebesar 68,2 dengan persentase ketuntasan 64tuntas. Sesudah penerapan konsep nilai rata-rata sebesar % siswa dinyatakan tuntas. Aktifitas siswa pada fasemenunjukan siswa yang memperhatikan penjelasan materi guru sebesar% melakukan hal yang tidak relevan. Fasesiswa memperhatikan penjelasan materi, 5% siswa bertanya kepada guru, 11melakukan hal yang tidak relevan. Fase 3 siswa yang memperhatikan penjelasan materiwa bertanya pada guru sebesar 20% dan siswa melakukan %. Respon siswa menunjukan rata-rata siswa setuju dengan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan penerapan konsep pembelajaran ABSTRACT The purpose of using macromedia flash 8 is to improve student learning process of learning subjects on Competency Standards Measurement Techniques Measurement Measure With Precision Mechanics at SMK Taman Siswa is considered not optimally. research methods 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) obtained will form the words and numbers. The instrument used was the observation sheet, questionnaire and test results of learning. macromedia flash 8 roses pembelajaran mata diklat teknik pengukuran pada standar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi berjenis pengembangan ini mengacu model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) data hasil penelitian diambil menggunakan metode observasi ian dianalisis dengan metode Teknik Pemesinan ebesar 68,2 dengan persentase ketuntasan 64% siswa a sebesar 87,2 dengan % siswa dinyatakan tuntas. Aktifitas siswa pada fase 1 menunjukan siswa yang memperhatikan penjelasan materi guru sebesar 80%, 5% siswa % melakukan hal yang tidak relevan. Fase 2 sebesar 84% 5% siswa bertanya kepada guru, 11% 3 siswa yang memperhatikan penjelasan materi % dan siswa melakukan hal yang rata siswa setuju dengan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan penerapan konsep pembelajaran yaitu student learning process of learning subjects on Competency Standards Measurement chanics at SMK Taman Siswa research methods 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) data obtained will form the words and numbers. The instrument used was the observation After doing some research, obtained the average value of the class X students machining techniques before applying the concept of 68.2 with 64% completeness percentage of students declared complete. After application of the concept of value by an average of 87.02 with 92% completeness percentage of students expressed completely. Student activity in phase 1 showed that attention to student teachers' explanations of material by 80%, 5 % of the students asked the teacher, 16% do things that are not relevant. Phase 2 by 84% of students pay attention to the explanation of matter, 5% of the students asked the teacher, 11% do things that are not relevant. Fase3 students who pay attention to the explanation of matter by 71%, students asked the teachers by 20% and students doing things that are not relevant at 9%. Student responses showed an average of students agreed with several statements relating to the application of the concept of learning that is equal to 90.5%.
Published
2014-01-21
Section
Pendidikan Teknik Mesin
PDF Downloads: 20