PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT BERBASIS GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMKN 2 SURABAYA
Keywords:
Kahoot, game based learning, motivasi, keaktifan.Abstract
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti di SMKN 2 Surabaya, terdapat berberapa kendala yang dihadapi yaitu pada proses pembelajaran karena media pembelajaran masih kurang efektif. Mayoritas guru masih menggunakan media buku dan papan tulis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar siswa terhadap penerapan media pembelajaran Kahoot berbasis game based learning. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode kuantitatif desain model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek kelas X Teknik Pemesinan 1 SMKN 2 dengan jumlah 35 siswa. Pengumpulan data berupa observasi, hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis validasi, analisis angket, analisis lembar observasi, dan analisis hasil belajar. Hasil belajar siklus I menunjukkan bahwa siswa mencapai ketuntasan pembelajaran sebesar 88%. Pada siklus II, mendapatkan nilai persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 94%. Setelah diterapkannya media pembelajaran Kahoot berbasis game based learning persentase ketuntasan hasil belajar siswa naik sebesar 69%. Motivasi belajar siswa pada siklus I didapatkan nilai persentase 78%. Pada siklus II didapatkan nilai persentase 94%. Keaktifan siswa siklus I nilai persentase 75%. Pada siklus II didapatkan nilai persentase 97%. Observasi keaktifan siswa pada siklus I didapatkan hasil persentase 76%. Pada siklus II didapatkan hasil persentase 92%. Setelah diterapkannya media pembelajaran Kahoot berbasis game based learning persentase ketuntasan motivasi belajar siswa naik sebesar 91%, pada keaktifan siswa mengalami kenaikan sebesar 88%. Pada hasil observasi keaktifan siswa mengalami kenaikan sebesar 16%, yang berarti siswa sangat termotivasi dan aktif dengan diterapkannya media pembelajaran Kahoot berbasis game based learning.
Downloads
References
Acat, M. B. (2014). An Investigation the Effect of Quantum Learning Approach on Primary School 7th Grade Students’ Science Achievement, Retention and Attitude. Educational Research Association The International Journal of Research in Teacher Education, 5(2), 11–23. http://www.eab.org.trhttp//ijrte.eab.org.tr
Anik Sugiani, K. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smk Di Buleleng. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(2), 457–474. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.770
Chen, C. H., & Tsai, C. C. (2021). In-service teachers’ conceptions of mobile technology-integrated instruction: Tendency towards student-centered learning. Computers and Education, 170(May), 104224. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104224
Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2021). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50
Kusumah, W. (2010). Mengenal penelitian tindakan kelas: edisi kedua (Cet. 1). PT Indeks.
Ma’iswati Hani, Karlimah, I. F. A. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV Sekolah Dasar. 6(February), 4–6.
Mattawang, M. R., & Syarif, E. (2023). Dampak Penggunaan Kahoot Sebagai Platform Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran. Journal of Learning and Technology, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.33830/jlt.v2i1.5843
Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2021). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487–497. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1845
Sardiman. (2018). Interaksi & motivasi belajar-mengajar (Edisi 1, c). Rajawali Pers.
Sianturi, R. I. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN WORLDWALL PADA MATERI BUMI DAN PERISTIWA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 060934 MEDAN THE INFLUENCE OF WORLDWALL-ASSISTED GAME- BASED LEARNING MODELS ON EARTH MATERIALS AND NATURAL E. 3.
Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi pembelajaran aktif. CTSD UIN Sunan kalijaga.
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 342
,
PDF Downloads: 163