IMPLEMENTASI BUKU SISWA NC/CNC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR NC/CNC DENGAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 13 SURABAYA
Keywords:
Buku Siswa, Hasil Belajar, Tutor SebayaAbstract
Jenis penelitian yang digunakan penulis pada penelitian Implementasi Buku Ajar Siswa NC/CNC untuk Meningkatkan Hasil Belajar NC/CNC dengan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 13 Surabaya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penerapannya menggunakan siklus, yang terdiri dari Siklus I dan Siklus II. Data yang diperoleh dari penelitian ini akan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini di lakukan di kelas XI TPM 1 Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 13 Surabaya. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan cara pemberian test berupa pretest dan postest untuk mengetahui prestasi belajar awal siswa dan prestasi belajar akhir siswa setelah proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui prestasi siswa setelah menggunakan modul NC/CNC dengan metode teknik pembelajaran tutor sebaya, 2) Mengetahui aktivitas belajar guru dan siswa setelah penerapan buku ajar NC/CNC menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya di SMKN 13 Surabaya.
Hasil studi pada penelitian ini didapatkan peningkatan hasil belajar sebesar >80% dari Siklus I ke Siklus II setelah melakukan implementasi buku ajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya di kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 13 Surabaya. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi pembelajaran untuk guru dan tenaga pendidik lainnya di SMK Negeri 13 Surabaya.
Kata kunci : buku siswa, metode pembelajaran tutor sebaya, dan prestasi belajar.
Downloads
References
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 36
,
PDF Downloads: 26