PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 MADIUN

Authors

  • Amathurida Akbar Hazami
  • Nur Aini Susanti

Keywords:

Kemandirian Belajar, Model pembelajaran Project Based Learning, Kuantitatif

Abstract

Kemandirian belajar adalah kemampuan seseorang dalam mewujudkan kehendaknya dengan tidak bergantung kepada orang lain kepada orang lain, memiliki tanggung jawab dan bisa menentukan cara belajar yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin dengan metode project based learning dan metode konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen intact group comparison. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 1 SMK Negeri 1 Kota Madiun yang berjumlah 36 siswa yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok (kelas). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kemandirian belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji deskriptif dan uji inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini membuktikan metode pembelajaran project based learning bisa meningkatkan kemandirian belajar siswa dibandingkan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, C. (2019). Problematika pendidikan di Indonesia. 3, 775–779.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Education and Language Research, 1(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Rembangsupu, A., Budiman, K., Bidin, Puspita, & Rangkuti, M. Y. (2022). Studi Yuridis Tentang Jenis Dan Jalur Pendidikan Di Indonesia. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4), 91–100. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.337

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958

Yudianto, H., & Widyastara, A. (2021). Dasar-dasar teknik mesin.

Zainul Arif, M., Soeryanto, & Yunus. (2021). Strategi Mengembangkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin di Masa Pandemi COVID 19. 03, 2–9.

Downloads

Published

2025-07-18

Issue

Section

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 4