PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK ENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TKR 1 PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL DI SMK NEGERI 1 MADIUN

  • Fery Kurniawan Ady Putra S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Budihardjo Achmadi Hasyim S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, problem solving, students learning result

Abstract

Abstrak Perbaikan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui tiga komponen utama yakni siswa, kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran. Untuk mengoptimalkan proses  pembelajaran penelitian menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving). Siswa yang dijadikan obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR 1 SMK Negeri 1 Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), setiap siklus mempunyai tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru,  angket  respon  siswa, dan lembar soal tes tiap siklusnya. Hasil analisis menunjukan bahwa  aktivitas siswa selama proses pembelajaran mencapai 78%, sedangkan hasil pengamatan aktivitas guru mencapai 75,7%.  Sedangkan hasil pengamatan pada respon siswa mencapai 78,7%. Dan hasil belajar selama proses pembelajaran pada putaran I mencapai 68,75%, sedangkan pada hasil belajar pada putaran II mencapai 87,5%.   Kata kunci: problem solving, hasil belajar siswa     Abstract Improved quality of education can be done through three main components namely student, teacher competence and learning facilities. To optimize the learning process researchers tried to use problem solving model of learning. Students who made the object of this research are students of class XII TKR 1 vocational SMK Negeri 1 Madiun. The research is classroom action research (Classroom Action Research), each cycle has a phase of planning, action, observation and reflection. While the instrument used in this research include  student and teacher activity sheets, questionnaire responses of students, and student learning outcomes for each cycle. The results showed that the ability of activity students is during of process learning to reach 78% is good. While the observation at activity of teachers to reach 75,7% is good. While the observation responses of students to reach 78,7% is good. And the learning result of during learning process at the round 1 to reach 68,75% goodless. While or learning result of during the round II to reach 87,5% very good.  Keywords: problem solving, students learning result
Published
2014-02-14
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 450