PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKRO SMKN 1 SIDOARJO
Keywords:
Project Based Learning, Powerpoint interaktif, hasil belajar, Teknik Kendaraan RinganAbstract
Di SMKN 1 Sidoarjo, sebuah penelitian dilakukan pada siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) untuk menentukan sejauh mana penggabungan PowerPoint interaktif dalam model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) mampu memengaruhi hasil belajar mereka. Metodologi yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang melibatkan dua kelompok pembanding. Data respon siswa dan hasil belajar dikumpulkan melalui tes dan angket, kemudian diolah melalui prosedur statistik seperti uji-t sampel berpasangan (Paired Sample t-test).Temuan riset ini mengindikasikan bahwa model PjBL (Pembelajaran Berbasis Proyek) yang diintegrasikan dengan media PowerPoint interaktif secara nyata meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada dimensi kognitif. Efektivitasnya terbukti dari perolehan skor N-Gain rata-rata kelompok eksperimen yang mencapai 0,7322 (kategori tinggi) atau 73,22%, jauh lebih unggul dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mendapatkan 0,5909 (kategori sedang) atau 59,09%. Selain itu, hasil uji t sampel berpasangan Paired sample t-test menegaskan adanya pengaruh signifikan dari perlakuan tersebut, ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,001 yang berada di bawah batas = 0,05.
Kata Kunci: Project Based Learning, Powerpoint interaktif, hasil belajar, Teknik Kendaraan Ringan.
Downloads
References
Arikunto, S. (n.d.). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Branch, R. M. (n.d.). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Hardiyanti, P. (n.d.). Implementation of the project-based learning (pjbl) learning model in observing learning styles and improving product results in biology learning at smas sultan iskandar muda medan. Education Achievement Journal of Science and Research, 490–495.
Kasiram, M. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. UINMalang Press.
Molenda, M. (n.d.). In Search of the Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, 42(5), 34–36.
Nazir. (n.d.). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Rati, N., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (n.d.). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dan hasil belajar pendidikan ipa sd mahasiswa pgsd undiksha upp singaraja. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1).
Setiawan, A., & kolega. (n.d.). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif terhadap Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 123–130.
Suyanti, R., P.Simanjutak, M., & Sugiyarti, G. (n.d.). The effects of collaborative learning oriented project based learning (pjbl) and learning cycle models using animation video on students problem solving.
Venegas, L. (n.d.). Democratizing school-wide, project-based learning: a cultural-historical activity theory perspective.
Wibowo, R., Santoso, J., & Widiyanto, W. (n.d.). Pengaruh praktik kerja industri, prestasi belajar dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas xi smk. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 147–155.
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 35
,
PDF Downloads: 28