PENERAPAN PEMBELAJARAN LCD PROJEKTOR BERBASIS MODUL UNTUK MENINGKATKAN KOPETENSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SISWA KELAS X TKR 1 DI SMK 01 YP 17 LUMAJANG

  • Yusuf Sofyan Arifiansyah
  • I Made Arsana
Keywords: LCD Projector-based module, Classroom Action Research, and students’ learning result.

Abstract

ABSTRAK
Penerapan media pembelajaran LCD Projektor berbasis Modul adalah salah satu model pembelajaran
guna memberikan motivasi peserta didik, merangsang peserta didik mengingat apa yang sudah dipelajari dan
memberikan rangsangan pelajaran baru serta mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran mandiri
yang berfokuskan penguasaan kopetensi dari bahan kajian yang dipelajari peserta didik dengan waktu tertentu
sesuai dengan potensi dan kondisinya. Selama ini pembelajaran yang dilakukan di SMK 01 YP 17 Lumajang
hanya menjelaskan saja tanpa disertai gambar atau video dan guru menjelaskan secara konvensional dari proses
pembelajaran tersebut maka siswa mengalami kesulitan dan kegiatan belajar mengajarpun menjadi kurang
menyenangkan sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa kelas X TKR 1 rendah.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas
X TKR 1 SMK 01 YP 17 Lumajang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes.
Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Data yang akan
diperoleh dari penelitian ini akan di analisis dengan metode deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah diterapkannya pembelajaran LCD projektor berbasis modul untuk
meningkatkan kopetensi keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X TKR 1 di SMK 01 YP 17 Lumajang
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I =
62,83% dan pada siklus II = 76,29% aktivitas siswa adalah kategori “Baik” sehingga terjadi peningkatan
terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan pada tes evaluasi siswa mengalami peningkatan hal ini
ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa siklus I = 78,12% dan siklus II = 87,05% hasil belajar
siswa adalah kategori “Sangat Baik”. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus II telah tercapai karena
prosentasenya diatas kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥85%.

ABSTRACT
The implementation LCD Projector-based Modules as teaching media is a method which gives
motivation to the students and stimulates students to educe what have been learned. The method also allow
students to be actively participated in the independent (free-guided) study focusing on competence mastery,
based on sources learned in a particular period regarding the students’ capability and class’ condition. So far,
the teaching and learning process done in SMK 01 YP 17 Lumajang by lecturing, without using any pictures or
video. The teacher does the conventional lecturing, which results in students’ difficulty in taking the material.
The tedious teaching and learning process implicates students of X TKR 1 low achievement in related subject.
The study is categorized in Classroom Action Research (CAR). The subject of the study is students of X
TKR 1 SMK 01 YP 17 Lumajang. The data collection done through observation and evaluation test. The
research uses class’ observation sheet and assessment to measure students’ learning outcome. The collected
data will be analyzed using descriptive quantitative method.The result of the study is the implementation of LCD projector-based module in X TKR 1 SMK 01 YPK
17 Lumajang to improve both students’ competence in safety and health and students’ score in related subject.
The data analysis shows that students’ participation in Cycle I (62,83%) and Cycle II (76,29%) are categorized
as ‘Good’, shown students’ rising participation. The participation also highly correlates with students’ score in
evaluation test. It is proved by the increase of students’ score during Cycle I (78,12%) and Cycle II (87,05%),
which categorized as ‘Excellent’. Classical learning score accomplishment have been attained in Cycle II, since
the persentage is beyond the criteria (≥85%).
Key words: LCD Projector-based module, Classroom Action Research, and students’ learning result.

Author Biographies

Yusuf Sofyan Arifiansyah
teknik mesin unesa
I Made Arsana
Teknik mesin UnesaPENERAPAN PEMBELAJARAN LCD PROJEKTOR BERBASIS MODUL UNTUK
MENINGKATKAN KOPETENSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SISWA
KELAS X TKR 1 DI SMK 01 YP 17 LUMAJANG
Published
2014-03-28
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 88