PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) PADA MATA DIKLAT SISTEM REM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR 3 SMKN 1 KEDIRI

  • Eka Aditya Utama
  • Saiful Anwar anwar
Keywords: Model kooperatif tipe TPS, hasil belajar siswa

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menekankan agar siswa menjadi pembelajar yang aktif. Oleh karena itu dalam belajar diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat menghidupkan suasana kelas dan siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif dapat diterapkan agar siswa menjadi pembelajar aktif. Salah satu model pembelajaran kooperatif tersebut diantaranya adalah TPS (Think Pair Share) Selain penerapannya yang relatif mudah dan merupakan model pembelajaran yang sangat sederhana, TPS menggunakan metode diskusi berpasangan yang dilanjutkan dengan presentasi

Siswa yang dijadikan obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 3 SMK Negeri 1 Kediri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh melalui penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengelolaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa tiap putaran. Hasil belajar siswa dapat tercapai jika siswa dapat mencapai ketuntasan ≥ 80% dalam belajar pada setiap tujuan pembelajaran.

Hasil ketuntasan belajar siswa yang diperoleh menunjukan bahwa pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru cukup baik. Hal ini dapat dilihat meningkatnya hasil belajar dari siklus I dengan nilai ketuntasan belajar 48% ke siklus II menjadi 93%. Meningkatnya hasil belajar pada siklus II dikarenakan siswa sudah mengerti model pembelajaran kooperatif tipe TPS, sebelum siklus I.Perubahan aktivitas siswa menjadi lebih aktif untuk mengikuti pembelajaran. Hal ini dikarenakan siswa dapat berdiskusi dengan teman sekelas mengenai materi pelajaran

In Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) emphasized that students become active learners . Therefore, in the study required a learning model that can liven up the class and students can be actively involved in the learning process. One of the learning model is a model of cooperative learning can be applied to ensure that students become active learners. One of the cooperative learning model include TPS ( Think Pair Share ) In addition to its application is relatively easy and is a very simple learning model, TPS using paired discussion, followed by a presentation.

Students who made ​​the object of this research is TKR 3 class XI student of SMK Negeri 1 Kediri. This research is PTK (Classroom Action Research). Each cycle has four phases : planning, action, observation and reflection. The data obtained through this study were collected and analyzed quantitatively and qualitatively, while the instruments used in this study include learning management sheets, student activity sheets, student questionnaire responses, and student learning outcomes of each round. Student learning outcomes can be achieved if students can achieve mastery ≥ 80 % in the study at each learning objective .

The results obtained mastery learning students shows that the management of learning undertaken by teachers quite well . It can be seen rising from the first cycle of learning outcomes with value passing grade of 48% to the second cycle to 93 % . Increased learning outcomes of students in the second cycle due to already understand cooperative learning model TPS , before I.Perubahan cycle activity for students to become more actively participating in learning . This is because students may discuss with your classmates about the subject matter

 

Published
2014-04-25
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 16