PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT PADA MATA KULIAH MANAJEMEN INDUSTRI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNESA

  • METHAR ANGGRIYADI S1 Pend Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, powerpoint media, direct learning, CAR

Abstract

Abstrak
Kemajuan teknologi dan informasi sangat begitu pesat. Media pembelajaran dengan inovasi yang terus
meningkat, maka dari itu media yang di gunakan adalah media powerpoint karena aplikasi presentasi yang
menyajikan teks, gambar, secara jelas dapat mempengaruhi ingatan mahasiswa. Tujuan dari penilitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Manajemen Industri dengan menggunakan media powerpoint dan
respon mahasiswa pada program D3 Teknik Mesin Produksi Unesa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action research) dengan tiga kali putaran. Sasaran
penelitiannya adalah mahasiswa angkatan 2009 kelas D3 Teknik Mesin Produksi yang memprogram mata kuliah
manajemen industri pada semester genap 2011/2012. Sampel penelitiannya adalah 32 mahasiswa. Teknik
pengambilan sampling penelitian ini dengan nonprobability sampling yaitu sampling jenuh. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes/evaluasi,dan angket. Analisis data secara kualitatif
dan kuantitatif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa menggunakan media powerpoint pada program D3 Teknik Mesin Produksi
Unesa. Ketuntasan klasikal pada pretes tanpa menggunakan media powerpoint 12,5%. Dapat membuat
peningkatan hasil belajar prosentase siklus 1 yaitu 21,9%, siklus 2 yaitu 40,6% dan siklus 3 adalah 81,5%. Hasil
respon mahasiswa dengan angket yaitu sekitar sekitar 78, 12% proses belajar mengajar dengan media
powerpoint menarik dan menyenangkan. 87,5% mahasiswa menyatakan pembelajaran sistematis dan jelas.
Dengan media powerpoint mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru (75%). Mahasiswa juga menyatakan
bahwa pembelajaran bermanfaat bagi kehidupan (81,25%). Respon mahasiswa 78,125% materi yang diajarkan
jelas berdasarkan tujuan pembelajaran. Gambar dalam powerpoint membantu mahasiswa dalam memahami
materi 81,25%. Powerpoint yang diberikan jelas dan menarik 75%. Dihasilkan 87,5% mahasiswa merasa lebih
mudah mempelajari materi pada matakuliah Manajeman Industri dengan menggunakan media powerpoint.
Kata kunci: media powerpoint, pembelajaran langsung, PTK
Abstract
Advances in technology and the information is very fast. Media learning innovation continues to increase, and
therefore the media that is in use is because media powerpoint presentation application that presents text, images,
clearly can affect student retention. The studies aim of this is to determine the improvement of learning
outcomes Industrial Management using powerpoint and media response to the program students D3 Mechanical
Engineering Production Unesa.
This research is a class action (Class Action Research) with three turns. Objective research is student class of
2009 class of D3 Engineering Production Engineering courses in industrial management program at the second
semester 2011/2012. Study sample was 32 students. Sampling techniques to study nonprobability sampling
namely is sampling saturated. Data was collected through observation method, test / evaluation, and
questionnaires. Data analysis was descriptive qualitative and quantitative.
The analysis shows that using the media powerpoint program Unesa D3 Mechanical Engineering Production.
Classical completeness on the pretest without using powerpoint media 12,5%. Can lead to increased learning
outcomes Cycle 1 percent of 21,9%, ie 40,6% of cycle 2 and cycle 3 was 81,5%. The results of student responses
to the questionnaire that is about 78,12% of the learning process with the media powerpoint interesting and fun.
87,5% of students stated learning systematic and clear. With powerpoint media students gain new knowledge
(75%). Students also stated that useful lessons for life (81,25%). Response 78,125% of the material students are
taught clearly based learning objectives. Images in powerpoint to help students in understanding the material
81,25%. Powerpoint is given clear and attractive 75%. Generated 87,5% students find it easier to learn the
material on the course management industry using powerpoint media.
Keywords: powerpoint media, direct learning, CAR

Published
2013-01-11
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 13